Wassops Panglima TNI Tutup Latihan Staf Gema Bhakti 2022

Jakarta – Wassops Panglima TNI Marsma TNI Kustono didampingi Brigjen Moses Kaoiwi menutup secara resmi Staff Exercise Gema Bhakti 2022, di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Marsma TNI Kustono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan latihan staf ini dapat meningkatkan hubungan kerjasama militer antara TNI dengan US-Indopacom, dan meningkatkan profesionalisme khususnya dalam hal perencanaan defense led operation atau Operasi Militer Perang (OMP).

Bacaan Lainnya

Diakhir sambutannya Wassops Panglima TNI Marsma TNI Kustono menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Latihan Staf Gema Bhakti 2022 yang telah mencapai sasaran latihan seperti yang dikehendaki bersama.

“Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta latihan dan pendukung atas upaya yang telah dilakukan. Latihan ini telah menunjukan hasil yang sangat baik dalam memahami proses perencanaan tentang perencanaan Defense Led Operation atau Operasi Militer Perang (OMP),” tegas Marsma TNI Kustono.

Sementara itu Brigjen Moses Kaoiwi selaku General Officer of Exercise Director, menyampaikan bahwa Gema Bhakti 2022 memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan menjalin hubungan persahabatan antara peserta dari AS dan Indonesia.

“Materi yg diberikan telah memberikan pemahaman bagi peserta dari kedua negara AS dan Indonesia tentang operasi gabungan pasukan gabungan regional dalam menangani ancaman yang menganggu kebebasan kita di Indo-Pacific,” tambah Moses.

Brigjen Moses Kaoiwi menjelaskan bahwa latihan ini juga menantang untuk melakukan perencanaan bersama dan kolaborasi staf gabungan, serta telah membangun dasar yang kuat dari pemahaman tentang bagaimana menerapkan perencanaan bersama yang mencakup konsep-konsep perencanaan dari prosedur operasi berdiri pasukan multi-nasional.

“Dengan bekerja bersama, dan terpadu, kita berhasil menjawab tantangan dari pelatihan ini, dan kami lebih siap untuk melaksanakan perencanaan gabungan dan operasi gabungan dalam satuan tugas bersama,” tandas Brigjen Moses.

Latihan Gema Bhakti merupakan Latihan bersama antara USINDOPACOM dan TNI, yang melibatkan 110 personel dalam rangka untuk meningkatkan interoperabilitas, meningkatkan stabilitas dan keamanan kawasan melalui kemitraan bilateral dan multilateral. *yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.