Tingkatkan Perekonomian, Satgas Binmas Noken ODC Latih Produksi Pangan

JAYAPURA – Kasatgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Nanang Purnomo mengundang pemilik usaha Bakso Bang Yus, Iyus Rustandi untuk memberikan pelatihan mengolah bahan pangan mentah menjadi bahan makanan yang multiguna kepada personel satgas, di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/4/2022).

“Usaha bakso ini cukup terkenal di wilayah Abepura, yang dimiliki Iyus Rustandi, sarjana alumni Institut Pertanian Malang Jurusan Teknologi Pangan, yang terampil dan berpengalaman dalam bidang pengolahan pangan,” ujar Nanang.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Nanang, ada 8 personil yang mengikuti pelatihan yaitu, Ipda Febrianto, Brigadir Nasrudin Fahmy, Briptu Nabila, Briptu Fitri, Briptu Sutowiaji, Bripda Yudarmon, Bripda Agung dan Bripda Reksa.

Maksud dan tujuan pelatihan, lanjut Nanang, agar personil Satgas Binmas Noken ODC memiliki keterampilan dalam mengelola bahan pangan mentah menjadi bahan makan multiguna.

“Kemudian ketrampilan yang diperoleh ini akan diajarkan kepada warga masyarakat yang ada di pegunungan tengah Papua khususnya di 5 wilayah distrik yaitu Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Intan Jaya dan Puncak,” katanya.

Nanang mengatakan, pelatihan ini nantinya akan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam yang ada di wilayah masing-masing atau sesuai apa yang diinginkan oleh masyarakat setempat. “Dengan tujuan utama agar warga masyarakat setempat mampu secara mandiri mengolah potensi sumber daya alam yang ada di wilayahnya masing-masing, bahkan apabila hasil produksi pengelolaan bahan pangan mentah menjadi bahan pangan multiguna melebihi dari hasil produksi untuk konsumsi mandiri,” ungkapnya.

“Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz sudah mempersiapkan sistem penyalurannya untuk membantu penjualan hasil produksi yang dapat menguntungkan bagi warga masyarakat setempat,” tambahnya.

Anggota Satgas mengawali pelatihan cara pembuatan saus tomat, tepung, selai dan minyak goreng yang tentunya akan dilakukan identifikasi dan pendataan oleh personil Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 untuk mengetahui daerah mana saja yang banyak mengkonsumsi atau membutuhkan pangan tersebut.

Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz-2022 akan memberikan bantuan bahan-bahan campuran yang dibutuhkan untuk pembuatan minyak goreng, saos, selai dan tepung dll. yang belum diproduksi diwilayah setempat.

Nanang berharap, nantinya warga masyarakat di pegunungan tengah Papua khususnya lima wilayah distrik mampu mengelola potensi sumber pangan yang ada di wilayahnya secara mandiri tanpa mendatangkan bahan pangan dari wilayah luar. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.