Sinergikan Program Mutiara Pattimura, Mahasiswa Fakultas Perikanan Unpatti Akan OJT di Keramba Jaring Apung

AMBON – Kodam XVI/Pattimura yang mengusung program “Mutiara Pattimura” terus melakukan inovasi dan kegiatan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya, pada Selasa (10/05/2022), pihak Kodam XVI/Ptm bertemu dengan pihak Universitas Pattimura, bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura (FPIK UNPATTI) kecamatan Teluk Ambon, Provinsi Maluku. Kegiatan ini untuk merencanakan kegiatan On Job Training (OJT) Perikanan.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Kodam diwakili oleh Kolonel Arh Hasto Respatyo, Kolonel Czi Syarifudin, selaku Pengawas Program Mutiara Pattimura Bidang Perikanan, dan Pabandya Wanwil Sterdam XVI/Ptm juga PNS Jefry selaku Koordinator Keramba Jaring Apung (KJA).

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan Unpatti Yoisye Lopulalan, turut menghadirkan Kepala Jurusan Budidaya Fakultas Perikanan Unpatti Joice W. Loupatty, Kaprodi Perikanan serta Kabag Akademik Fakultas Perikanan.

Dalam waktu dekat ini, direncanakan bagi mahasiswa fakultas perikanan akan melaksanakan OJT di Keramba Jaring Apung Milik PNS Jefry, yang telah mengelola KJA tersebut selama bertahun- tahun.

“Materi yang nantinya dilaksanakan selama OJT meliputi budidaya keramba, pakan ikan, pengetahuan penyakit ikan, manajemen pemeliharaan dan penanganan pasca panen,” ujar  Kolonel Arh Hasto menjelaskan.

Dekan Fakultas Perikanan pun turut antusias menyambut baik kerja sama ini. “Kami berharap kerjasama seperti ini terus dilanjutkan dan dikembangkan, selain membawa manfaat bagi masyarakat, juga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa,” tambah Yoisye Lopulalan.

Ketua Jurusan Budidaya Fakultas Perikanan Unpatti Joice W. Loupatty pun juga berharap program bersama ini akan dapat mencapai tujuan yang saling melengkapi, yaitu Kodam memberikan pendampingan dalam aplikasi di lapangan, sedangkan Unpatti dari segi keilmuan di bidang perikanan. “Sehingga keramba yang ada selain berfungsi sebagai sarana belajar, tapi sekaligus dapat berkembang dalam pengelolaannya,” tandasnya. *golan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.