Terdakwa Eva Jauwan Mengakui Abangnya Alex Menikahi Katarina 2008 di Sidang PN Jakarta Utara

TOPIKONLINE – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara melanjutkan sidang kasus pidana yang dilaporkan Katarina Bonggo ke Polda Metro Jaya yang diduga dilakukan oleh Aky Jauwan, Ernie Jauwan dan biksuni Eva Jauwan.

Pemimpin sidang Hakim Ketua Syofia Marlianti T, S.H., M.H. didamping Hakim Anggota Hotnar Simarmata S.H., M.H. dan Dian Erdianto S.H., M.H. menyidangkan 2 terdakwa Aky Jauwan dan Eva Jauwan.

Penetapan tersangka Aky Jauwan diketahui melalui surat ke Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta pada 9 Juni 2023 dengan nomor surat: B/8095/VI/RES.1.9/2023/Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Eva Jauwan ditetapkan sebagai tersangka melalui pemberitahuan penetapan tersangka bersama E bernomor: B/18495/XI/RES.1.9/2023/Ditreskrimum tertanggal 10 November 2023.

Kedua terdakwa itu, dilaporkan Katarina Bonggo Warsito ke SPKT Polda Metro Jaya dengan laporan polisi nomor: LP/2750/V/YAN.2.5./2021/SPKT PMJ tanggal 28 Mei 2021.

Kedua terdakwa diduga melakukan pemalsuan surat dan atau menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik.

Kedua terdakwa diduga melakukan penggelapan hak atas benda tidak bergerak dan atau penggelapan sebagaimana pasal 266 KUHP menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik telah cukup bukti dan telah ditetapkan tersangka.

Atas tindakan terdakwa Aky Jauwan dan Eva Jauwan terhadap hak milik ruko serta hasil usaha dari toko yang berada di Lindeteves Trade Centre blok GF-2/B1-20 Jalan Hayam Wuruk Jakarta, yang telah merugikan Katarina Bonggo Warsito.

Saat sidang terdakwa Aky Jauwan hari Selasa 4 Juni 2024, yang mengalami gangguan pendengaran sejak masa pademik covid. Hakim Ketua mempersilakan kepada Penuntut dan Pembela untuk menanyakan dengan suara yang kencang, agar dapat di dengar oleh terdakwa Aky Jauwan.

Awal sidang Hakim Ketua bertanya kepada terdakwa Aky memiliki berapa anak.

Terdakwa Aky menjawab memiliki 3 anak dengan nama Alex, Ernie dan Eva. Kasus antara terdakwa Aky dan Katarina, terkait keterangan palsu ke dalam akta otentik. Dimana Katarina sebagai istri dari Alex anak pertama Aky Jauwan.

Aky yang memiliki toko di daerah Glodok, dibeli atas nama Alex. Namun setelah Alex meninggal pada 2017, terdakwa Aky merubah akta pembeli kepada ketiga orang Aky Jauwan, Ernie Jauwan dan Eva Jauwan.

Setelah mendengar keterangan dari terdakwa Aky, selanjutnya Hakim bertanya kepada terdakwa kedua Eva. Bahwa Eva membenarkan abangnya Alex menikah dengan Katarina pada tahun 2008.

Akibat perbuatan pidana pemalsuan surat otentik yang dilakukan terdakwa Aky, Erni dan Eva. Korban Katarina Bonggo Warsito mengalami kerugian hilangnya toko miliknya atas nama suaminya Alex.

Katarina menambahkan terdakwa Ernie Jauwan yang berada di luar negeri Sidney, juga segera dihadirkan dalam persidangan. (AS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *