Kantah Jakpus Inisiasi Kegiatan Sosialisasi Sertifikat Tanah di Petojo

Kegiatan sosialisasi pentingnya memiliki sertifikat tanah di RTRA Kejora, Petojo, Jakpus, yang diinisiasi Kantah Jakpus.

Jakarta – Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administratif Jakarta Pusat menginisiasi kegiatan sosialisasi pentingnya kepemilikan sertifikat tanah kepada warga di daerah Petojo, Jakarta Pusat, Jumat (7/12) pekan lalu.

Kegiatan yang digelar di RPTRA Kejora ini menghadirkan dua pembicara yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakpus, Bayu Sari Hastuti, dan notaris/PPAT, Roro Handayani.

Kepala Kantah Jakpus, Iljas Tedjo Prijono saat diminta tanggapannya oleh sejumlah wartawan mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini menjadi salah satu bagian penting dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Kegiatan ini jadi bentuk sosialiasi untuk menyadarkan masyarakat bahwa sangat penting untuk punya sertifikat atas bidang tanah yang dimilikinya,” ujar Iljas Tedjo.

Sementara itu, Bayu Sari Hastuti dalam pernyataannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Kantah Jakpus untuk memediasi masyarakat yang belum punya sertifikat tanah.

“Masyarakat dimotivasi untuk segera mengurus sertifikat tanahnya karena punya nilai ekonomis tinggi. Jika butuh modal untuk bisnis bisa diagunkan ke bank untuk mendapatkan modal,” katanya.

BACA JUGA:

Pembicara lainnya, Roro Handayani yang juga dikenal sebagai ketua umum ormas Satria Muda Andal Nusa, malah membuat perumpamaan tingginya nilai ekonomis sertifikat tanah itu sama seperti hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

“Saat ini kita tengah menghadapi pasar bebas atau globalisasi, kita juga dituntut punya kapasitas dan kompetensi yang berkelas. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan merek, baik itu logo, gambar atau kata dan kalimat menjadi merek dari produk yang kita hasilkan,” jelas Roro yang juga berprofesi sebagai konsultan HAKI.

“Nah, pentingnya mendaftarkan HAKI itu sama dengan pentingnya mendaftarkan tanah yang dimiliki agar bersertifikat. Sama-sama untuk mendapatkan pengakuan hukum tetap dan punya nilai ekonomis tinggi,” pungkasnya. berman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *