Danpushidrosal Pimpin TFG Latopssurta Hidros Kerambit-22

Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi 2022 (Latopssurta Hidros 2022) memimpin jalannya Tactical Floor Game (TFG) di Ruang Serbaguna, Gedung Satuan Survei dan Pemetaan Hidros, Jalan Enggano, Tj.Priok, Jakarta Utara. Selasa (26/07)

Kegiatan Uji Rencana Pelibatan “Kerambit-22” dengan metode TFG ini dalam rangka Gladi Posko Latopssurta Hidros TA 2022 yang diikuti oleh seluruh pelaku Latopssurta Hidros 2022 dengan maksud agar seluruh pelaku yang terlibat di dalam latihan, mengerti dan memahami betul Rencana Operasi (RO) yang telah disusun.

Dalam amanatnya Dirlat mengatakan “tujuan kegiatan ini adalah untuk menguji doktrin operasi survey dan pemetaan dalam rangka mendukung operasi militer selain perang seperti penanggulangan bencana.”

Pada kegiatan tersebut di skenariokan Panglima TNI membentuk Kogasgabpad Gulben, yang selanjutnya Pushidrosal diperintahkan membentuk satuan tugas Hidros dengan tugas pokok memulihkan alur pelayaran pulau Unggul yang tertutup karena dampak Gempa dan Tsunami guna mendukung tugas pokok Kogasgabpad saat terjadi tsunami sampai dengan H+5.

Dalam Tahap TFG ini para peserta di harapkan dapat melaksanakan simulasi latihan serta memahami tugas masing-masing, sehingga latopssurta hidros dapat terselenggara dengan lancar dan aman, sehingga akan memberikan gambaran terkait kejadian di lapangan, menghindari kealpaan, menemukan masalah yang akan dihadapi, menemukan resiko, memberikan pemahaman yang sama kepada para komandan dan staf, serta mensingkronkan dan memadukan kegiatan dari semua unsur-unsur yang terlibat.

Beberapa unsur-unsur yang terlibat dalam latihan ini antara lain 1 KRI dan 2 KAL yaitu KRI Pollux-935, KAL Vega dan KAL Kobra serta dibantu dari Tim Ose, Tim Drone, Tim Meteo, UT Pemetaan, Tim Z-Boat dan UT Bantu.
Saat ini Latposko masuk pada proses PPKM langkah ketujuh yaitu penyusunan Renlibat dengan sub kegiatan penyiapan konsep renlibat dan penyusunan renlibat hasil uji.

Untuk kali ini akan dilaksanakan Uji konsep Renlibat oleh Pushidrosal dan Satuan Tugas Kerambit-22 didepan Pangkogasgabpad. Pangkogasgabpad beserta staf ikut hadir dan memberikan petunjuk secara langsung terhadap konsep Renlibat yang disusun oleh Pushidrosal selaku kotama ops. Dalam uji renlibat OMSP Gulben dapat diikut sertakan Pemda atau Kementerian / lembaga yang diproyeksikan terlibat dalam operasi tersebut.

Hadir Pula dalam kegiatan tersebut Inspektur Pushidrosal Laksamana Pertama TNI Rony Saleh, Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, Msc. beserta Pejabat Utama Pushidrosal lainnya. [AS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.