Danrem 071/Wk Saksi Pembukaan TMMD Ke-114 Wilayah Kodim 0712/Tegal

Tegal – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, menyaksikan rangkaian acara pembukaan TMMD Reguler Ke-114 wilayah Kodim 0712/Tegal, Selasa (26/7/2022) di Desa Kedung Kelor, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Tegal Umi Azizah. Pembukaan TMMD ini ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan dan penyerahan naskah pekerjaan oleh Bupati kepada Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, disaksikan Kolonel Inf Yudha Airlangga, selaku Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD Reguler 114, di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Bacaan Lainnya

Umi Azizah dalam sambutannya membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo, mengajak agar menggelorakan semangat kolektifitas, kerja kolosal serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada.

Lebih lanjut Azizah berharap, melalui TMMD ini juga disisipkan aneka program yang menggugah ke-Indonesiaan, wawasan kebangsaan (wasbang) dan nilai nasionalisme. “Sinergitas dan Kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi satu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi,” ujarnya.

Selaku PKP TMMD, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Yudha Airlangga mengatakan bahwa TMMD adalah Operasi Bhakti TNI yang diatur secara terprogram yang dilaksanakan 4 kali dalam setahun per triwulan. “Dimana TMMD yang berlangsung saat ini TMMD 114 yang dilaksanakan Kodim 0712/Tegal telah diprogramkan setahun lalu berupa program waktu, tempat, kegiatan dan sasarannya serta anggarannya,” tambahnya.

Untuk anggaran TMMD ini, terang Yudha, ada dari Mabes TNI, Pemerintah Provinsi maupun dari Pemkab sendiri, dan TNI yang mengerjakan bersama Rakyat. Anggaran tersebut, teraudit secara transparan.

“TMMD adalah program TNI untuk membantu kesulitan masyarakat, seperti pembuatan jalan sehingga diharapkan masyarakat dapat mudah mendistribusikan memasarkan hasil buminya baik buah maupun hasil pertaniannya dengan waktu yang relatif singkat dibanding sebelum jalan dibuat atau diperbaiki. Dengan dibuatnya jalan ini, diharapkan hasil bumi masyarakat tidak cepat busuk atau tertunda pendistribusiannya atau pemasarannya. Dan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraannya,” kata Yudha.

Disamping itu, imbuh Yudha, dari segi pendidikan, akan mempermudah anak-anak sekolah dalam transportasinya. Karena di TMMD juga ada perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana yang lain seperti perbaikan pematang sawah atau tanggul-tanggul untuk mencegah terjadinya banjir atau terjadinya rob yang selama ini menjadi kendala khususnya di daerah Pantura.

Adapun TMMD Reguler Ke-114 wilayah Kodim 0712/Tegal ini melaksanakan kegiatan Fisik berupa pembangunan 3 makadam dengan ukuran masing-masing Panjang 264 meter Lebar 3 meter, ukuran panjang 900 meter lebar 4 meter dan ukuran Panjang 266 meter Lebar 2,5 meter, Box Culvert ukuran panjang 5 meter lebar 1 meter, pembuatan talud panjang 50 meter lebar0,3 meter tinggi 0.90 meter, Lapen/Shendseet Ukuran Panjang 1.173 meter lebar 3,5 meter, Shendseet kuran panjanh 154 meter lebar 3,5 meter, Poperling panjang 563 meter lebar 4 meter.

Sementara kegiatan Non Fisik TMMD ini berupa, penyuluhan bidang mental ideologi, penyuluhan bidang kesadaran Bela Negara, penyuluhan bidang kesadaran Berbangsa dan Bernegara, penyuluhan bidang kesehatan, penyuluhan bidang pertanian dan perkebunan, Penyuluhan bidang keagamaan. Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Konsensus dasar nasional, Penyuluhan bahaya narkoba, Penyuluhan rekrutmen Prajurit TNI, Penyuluhan lalu lintas, Penyuluhan Perilaku Hidup Sehat, Penyuluhan pernikahan dini, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan KB Kesehatan dan bahaya Stunting. *gol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.