Apresiasi Ratusan Advokat Ke Bali, Gubernur Bali Undang Makan Anggota KAI

Kuta – Gubernur Bali, I Wayan Koster mengundang makan malam (Gala Dinner) ratusan advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI), yang hadir dari seluruh Indonesia di kediaman dinas gubernur, Minggu (29/5/2022). Para advokat KAI akan menyelengarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) selama 2 hari di hotel The Stone, kawasan Kuta, Bali, yang dibuka Senin (30/5).

Rombongan yang memenuhi undangan, dipimpin langsung oleh Presiden KAI Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, didampingi oleh para VP yaitu Adv Heru S Noto Negoro, TM Luthfi Yazid, Umar Husin, Diyah Sasanti, Pheo M Hutabarat, Henry Indraguna, Aldwin Rahadian, dan Ketua DPD KAI Bali Adv. Anak Agung Kompiang Gede.

Bacaan Lainnya

“Saya menjamin bahwa Bali sudah aman. Keberhasilan menangani Covid-19 sudah 97 persen, dan hanya 16 orang di RS yang terpapar Covid-19. Kedua, sekarang sudah lebih dari 60 negara yang mengeluarkan visa untuk kunjungan ke Bali. Wisatawan sudah mencapai 4 ribu perhari dengan puluhan penerbangan dalam sehari, belum lagi yang lewat darat dan laut,” ujar Wayan Koster, dalam sambutan.

Menurut Koster, kehadiran Advokat KAI adalah penting, langka dan sebuah kehormatan baginya. Sebab itu, dirinya sangat senang menyambut dan menjamu para advokat KAI.

Pada kesempatan itu, Koster juga memperkenalkan agenda pembangunan ‘Bali Era Baru’. Ia berpendapat bahwa jabatan hanya amanah dan sebentar. “Saya sangat optimis Bali akan bangkit, sambil berpesan mengingatkan bahwa jabatan adalah sementara dan kita pada akhirnya akan mati, sebab itu dalam bekerja mesti bekerja secara tulus, mulus dan lurus,” katanya.

Saat memberikan sambutan, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Wayan Koster dan berharap agar Gubernur Bali lancar dalam melaksanakan tugas negara dan tetap menjadikan Bali sebagai tempat destinasi yang aman bagi siapapun. Ia juga berpesan agar advokat KAI ikut mengamankan agenda pembangunan Bali Era Baru.

Para peserta Rakernas KAI hadir ke Bali dengan bermacam moda transportasi: darat, laut dan udara. Mereka semua datang dengan semangat dan optimisme untuk mensukseskan acara Rakernas KAI 2022 sekaligus Ultah KAI ke-14.

Sebelum acara Rakernas di Bali dilaksanakan, KAI  melaksanakan terlebih dahulu pra-rakernas untuk mencapai kesamaan persepsi serta kesepakatan-kesepakatan dalam acara Rakernas.

Rangkaian acara rakernas nantinya, adalah penandatanganan MOU dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hukumonline, diskusi panel, pengesahan kuorum rakernas, pengesahan jadwal dan tata tertib, penyampaian laporan kerja dan rencana kerja DPP KAI menuju Kongres KAI mendatang.

Pada kegiatan diskusi panel dengan topik “Kewenangan Advokat dalam Sistem Peradilan” dengan perbadingan kewenangan advokat di Australia”, dengan nara sumber Denny Indrayana, Vice President KAI yang juga terdaftar sebagai advokat di Australia. Topik selanjutnya, perbandingan advokat di Jepang, dengan narasumber TM. Luthfi Yazid, Vice President KAI yang sempat menjadi peneliti dan pengajar di University Gakushuin di Tokyo Jepang. Dan satu narasumber lagi Erasmus AT Napitupulu, Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform dengan moderator Vice President KAI, Heru S. Notonegoro.

Lebih lanjut Wayan Koster mengatakan, di Bali ini sudah sering diadakan kegiatan kongres, munas, ataupun rakernas. Namun undangan gala dinner oleh Gubernur Bali ini dengan jumlah yang hadir mencapai ratusan orang adalah sejarah yang pertama kali. “Semoga dengan kehadiran para advokat KAI dari seluruh penjuru Indonesia memberikan setidaknya tiga kesan dan berharap agar pelaksanaan rakernas KAI berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.