Jakarta – Bakamla RI menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Bakamla RI” secara hybrid di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, Selasa, (21/11).
Forum ini dibuka oleh Analis SDM Aparatur Ahli Madya Bakamla RI, Kolonel Bakamla CH. Anam mewakili Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI.
Tujuan digelarnya forum ini adalah untuk mengumpulkan gagasan serta opini dari seluruh lapisan publik terhadap kebijakan penyelenggara pelayanan publik. Juga untuk memberikan rekomendasi kepada setiap unit pelayanan publik di Bakamla RI untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan inovasi untuk optimalisasi pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder maritim.
Sementara fokus pelayanan publik yang akan dievaluasi pada forum ini adalah 3 dari 8 pelayanan publik yang dimiliki Bakamla RI. Ketiga pelayanan itu meliputi, pelayanan pembinaan masyarakat maritim, pelayanan pengelolaan, pengumpulan, dan pengolahan informasi publik melalui IMIC, serta pelayanan perbantuan keselamatan laut.
Sementara lima pelayanan publik lainnya adalah pelayanan contact center keamanan dan keselamatan laut, pelayanan magang/PKL (Praktik Kerja Lapangan)/Kuliah Kerja/Penelitian, pelayanan penyediaan data indeks keamanan laut, pelayanan jaringan dokumentasi dan informasi hukum Bakamla RI, dan pelayanan kesehatan personel Bakamla RI.
Untuk narasumber yang dihadirkan dalam forum yang dimoderatori
moderatori Dr. M. Arsyad AI Amin dari Institut Pertanian Bogor ini adalah Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas dari Universitas Paramadina. Narasumber forum ini membawakan paparan berjudul “Evaluasi Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Lingkungan Bakamla RI”.
Semua paparan ini disajikan kepada peserta yang terdiri dari Unit Penyelenggara Layanan dan para Analis Kebijakan Bakamla RI, narahubung instansi dalam dan luar negeri, perwakilan pengguna layanan Bakamla RI, stakeholder pelayanan publik, perwakilan dari himpunan masyarakat maritim, ahli/praktisi serta perwakilan media massa nasional.
Untuk diketahui, pada Semester I Tahun 2023, Bakamla RI telah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pelayanan Publik dengan predikat “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 89,19. Nilai SKM tersebut berdasarkan 9 pertanyaan yang disurvei, baik secara fisik maupun online kepada para pengguna layanan publik Bakamla RI. Bembo