Tim Kodam IV/Dip Kunjungi Korem 071/Wk

Banyumas – Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Wisnu Kurniawan memimpin Tim Pengendali Program (Dalprog) Kodam IV/Dip, mengunjungi Korem 071/Wijayakusuma, di markasnya, Sokaraja, Banyumas, Senin (6/6/2022).

Kedatangan tim disambut Danrem 071/Wk Kolonel Inf Yudha Airlangga. Ia mengatakan, tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro tersebut mengunjungi Makorem 071/Wk dalam kegiatannya untuk mengetahui dan melihat sejauh mana pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) Korem 071/Wijayakusuma sampai dengan Triwulan II Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“Kunjungan tim Dalprog dari Kodam IV/Diponegoro ini, sasaran utamanya akan difokuskan pada pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran atau Progjagar sampai dengan Triwulan II Tahun 2022,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Yudha meminta segenap pejabat yang membidangi masalah anggaran dan perbendaharaan, dapat menjelaskan kondisi daya serap anggaran yang telah dilaksanakan disertai bukti-bukti fisik dan administrasinya.

Yudha juga mengimbau, apabila ada hal-hal yang belum sesuai dengan kebijakan Dalprog yang diterapkan untuk segera dikonsultasikan. Hal ini karena kegiatan Dalprog ini bukan dimaksudkan untuk mencari temuan, akan tetapi untuk melaksanakan pengendalian program dan anggaran agar berjalan lebih baik, lebih efektif dan akuntabel.

“Tujuan tim datang kesini untuk memberi informasi dan mengarahkan serta konsultasi apabila ada hal hal yang belum sesuai dengan target, apabila ada temuan temuan segera disampaikan agar bisa ditertibkan, karena memang kondisinya ada beberapa jabatan yang kosong, sehingga mungkin pejabat baru masih dalam proses penyesuaian. Saya sampaikan kepada para pejabat yang membidangi hal anggaran agar tidak segan segan menyampaikan kepada tim Dalprog apabila menemui kendala di lapangan manfaatkan kunjungan ini untuk mendapatkan informasi apa yang menjadi keinginan pimpinan kita, Kasad, Pangdam maupun Kasdam, sehingga dapat di peroleh satu kesaman visi dan misi untuk melaksanakan program anggaran,” pesannya.

Kolonel Inf Wisnu Kurniawan menyampaikan, tujuan pengendalian progam lebih fokus agar pengendalian program baik jalannya dan fungsi pengendalian ada di Staf Perencanaan. “Inspektorat dan Ren itu sejajar dalam tugasnya pengawasan dan pengendalian. Secara organisasi, Srendam langsung di bawah Pangdam, tugas pokoknya adalah membantu Pangdam khususnya di bidang Prencanan dengan 5 biro yakni Biro Perencanan, Biro Program, Biro Menejemen, Biro Anef, Biro Anggaran,” tambahnya.

Dikatakan pula, ada beberapa kegiatan di bidang Perencanan, yakni menyusun perencanaan jangka sedang hingga tahunan dalam rangka menyusun Rencap Nag yang bentuknya adalah dokumen naskah renstra. Dalam dokunen naskah, jangan beranggapan Ren cuma berkaitan dengan anggaran. Di bidang program, kita melaksanakan mengkoodinir, menyusun dan menyiapkan renprograr serta menerima dan melaksanakan Dipa di bidang manajemen, melaksanakan pengkajian dan pembinan organisasi dengan menganalisa dan mengevaluasi pengembangan satuan di wilayah kita. Di bidang anggaran, dari mensosialisasi RA masalah keuangan serta mengendalikan, mengawasi program dan anggaran. Karena daya serap berprngaruh dengan penilaian indeks kinerja yang bisa berdampak pada tunjangan kinerja kita. Di bidang Anef dan Dalpro, kita laksanakan analisa program anggaran kususnya di wilayah Kodam IV. Kita juga menyiapkan Laplagar yang bersumber dari APBN ini adalah termasuk kegiatan Sisfo (Sistem Informasi Pembinan Operasional). “Sisfo ini yg perlu kita kembangkan, agar kita mudah mencari data data disetiap satuan. Itu semua adalah tugas pokok Staf Perencanaan sebagai pemahaman bahwa Staf Ren luas,” tutupnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.