Tanamkan Nilai Pancasila, Ini Kata Danrem 051/Wkt kepada Mahasiswa dan Pasca Sarjana

Topikonline.co.id – Komandan Korem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto memberikan materi kuliah umum, “Kristalisasi nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, di Sekolah Tinggi Theologi IKAT, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7/2023).

Turut hadir pada Kuliah umum ini Komandan Kodim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Arh Redinal Dewanto, Kasiter Korem 051/Wkt Letkol Arm Sugiharto, Rektor STT IKAT Abdon Amtiran, Direktur Pasca Sarjana Jimmy Lumintang dan sekitar 100 orang mahasiswa mahasiswi pasca sarjana.

Bacaan Lainnya

Indonesia dengan kemajemukan, multikulturalisme dan pluralisme memiliki kompleksitas permasalahan yang luar biasa. Perjuangan panjang para pendahulu hingga melahirkan Pancasila sebagai dasar negera dan falsafah hidup Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan Kristalisasi Nilai-Nilai Luhur Bangsa, yaitu Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan, Nilai Keadilan. Tentunya seluruh Bangsa Indonesia harus berpegang teguh pada Pancasila demi tegaknya dan keutuhan NKRI.

Dewasa ini tantangan globalisasi memunculkan persaingan ketat, kejahatan berdimensi baru disertai memudarnya nilai luhur kebangsaan yang jadi ancaman bagi Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Medsos menjadi ladang dari tantangan Keberagaman, Intoleransi, Radikalisme, pro kebebasan dan Cyberisme.(Berita Hoaks ujaran kebencian), hal ini harus diwaspadai apalagi pada tahun politik saat ini. Jangan sampai kita di adu domba dengan Berita Hoaks.

Menghadapi tantangan globalisasi tersebut, bagaimana kita menjaga dan memelihara nilai nilai luhur Pancasila sehingga cita cita kebangsaan dapat terwujud, langkah-langkahnya adalah sbb :

IMPLEMENTASI : Mengamalkan Butir butir Pancasila dalam kehidupan.

PENOLAKAN : Menolak tegas ajaran atau faham yang bertentangan dengan nilai Pancasila.

PEDOMAN : Menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bertindak dan perilaku.

PENDIDIKAN : Mengedepankan Pancasila dalam dunia pendidikan.

“Adik adik Mahasiswa sekalian saat ini anda sedang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan IKAT. Pesan saya, mari kita sama-sama menjaga dan mengamalkan Pancasila,” ujar Yustinus.

Menutup materi kuliah umumnya, Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto menegaskan, saat ini pihaknya juga mensukseskan berbagai program unggulan seperti mengatasi stunting, penyediaan air bersih, Babinsa Masuk Dapur, TNI Manunggal Membangun Desa.

“Korem 051/Wkt aktif berpartisipasi dalam program mengatasi Stunting, Pembuatan Air Bersih, Babinsa masuk dapur, TMMD, Kampung Pancasila, kegiataan teritorial bersama masyarakat, pendidikan wawasan kebangsaan sehingga kita memiliki sikap dan perilaku serta menumbuhkan kesadaran bela Negara untuk kepentingan Nusa dan Bangsa,” pungkas Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto. *fer 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *