Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Kodim Pacitan Tanam Cabai dan Indigofera

PACITAN – Ratusan anggota Kodim 0801/Pacitan dan Komunitas Farming Art Pacitan (Komunitas Pemuda tani) menanam tanaman Indigofera dan cabe di Lahan Kodim Pacitan, Jumat (16/11/2018).

“Kegiatan Pertanian penanaman cabe dan Indigofora ini bertujuan untuk Mensukseskan Program ketahanan pangan yang saat ini sedang di galakkan oleh pemerintah, serta memberi contoh kepada masyarakat, bagaimana memanfaatkan lahan guna meningkatkan kesejahteraan dengan melalui pertanian dan peternakan,” ujar Kasdim 0801/ Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan.

Bacaan Lainnya

Oleh masyarakat Indonesia, indigofera lebih populer dengan sebutan pohon nila. Tanaman ini saat tumbuh akan membentuk semak atau perdu dengan cara merambat dan berkembangbiak melalui sistem generatif dari bijinya. Tapi apabila dijadikan tanaman budidaya biasanya lebih disukai menggunakan sistem genetatif atau stek.

Pada umumnya tanaman ini sering digunakan sebagai media konservasi tanah terutama untuk menjaga tanah tersebut agar tetap subur dan terhindar dari erosi. Selain itu juga sering dipakai sebagai tanaman hias. Selain itu ada yang mengambil bunganya karena bisa dijadikan sebagai bahan pewarna alami pada kain batik terutama warna nila. Menurut hasil penelitian, tanaman ini punya kandungan kalsium, fosfor serta nitrogen yang sangat dibutuhkan hewan ternak terutama domba dan kambing.

“Bibit Indigofora yang kita tanam sekitar 1.500 batang sedangkan untuk tanaman cabe kita tanam sejumlah 8.000 batang,” jelas Kasdim.

Seperti diketahui, pada (6/6/2018) Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang telah mengumpulkan generasi muda Pacitan yang tergabung dalam Komunitas Farming Art Pacitan (Komunitas Pemuda yang mencintai pertanian) Kegiatan tersebut dikemas dalam lomba Gugah tandur/ Lomba tanam padi mulai dari pengolahan lahan sampai proses panen. Peserta lomba terdiri dari 12 kelompok dengan batasan umur 17 sampai 25 tahun.

“Pemerintah Pacitan sangat bangga atas ide Dandim 0801/Pacitan dalam merekrut Pemuda untuk mencintai pertanian dan atas berdirinya farming art di Pacitan yang mana dapat mewakili seluruh pemuda Pacitan untuk mengembangkan pertanian di wilayah Pacitan ini dan sebagai penggerak pemuda agar terus berkembang lebih baik,” ujar Drs Sakundoko pada gelar acara pemberian hadiah kepada pemenang lomba pertanian yg diadakan oleh kodim 0801/Pacitan (14/7/2018).

“Kegiatan ini sangat positif dan baru pertama kalinya diadakan Kabupaten Pacitan, atas kerja keras Komandan Kodim 0801/Pacitan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Pacitan Pemerintah daerah sangat berterima kasih sekali,” imbuhnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang melalui Kasdim Mayor Inf Tomy Anugrahan menyampaikan, “Diharapkan penanaman yang terintegritas ini bisa menjadi contoh bagi Masyarakat, yang mana dari tanaman Indigofarma ini bisa menghasilkan pakan ternak yang berkwalitas, dari ternak tersebut menghasilkan pupuk organik yang sangat bermanfaat untuk pupuk cabe maupun tanaman lainnya,” tutup Dandim. ferry

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *