Saka Wira Kartika Kodim 1714/PJ Gelar Kegiatan Pramuka di SD Inpres Mulia

Puncak Jaya – Memeriahkan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional Tahun 2022, Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya melaksanakan kegiatan Pramuka bagi siswa dan siswi SD Inpres Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, sejak Rabu (23/11) dan Kamis (24/11/2022).

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dipimpin oleh Pasiter Kodim 1714/PJ Letda Inf Hermansyah mewakili Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf Denny Salurerung, selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika, bertempat di halaman sekolah SD Inpres Mulia.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara tersebut, Pasiter Kodim 1714/Puncak Jaya Letda Inf Hermansyah didampingi oleh Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Oncelina Tekege, selaku Mabigus dan Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya serta para Guru SD Inpres Mulia yang terlibat dalam Pramuka Siaga.

Letda Inf Hermansyah mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka para adik-adik hendaknya tetap selalu menjaga faktor keamanan dan kesehatan. Dan bagi para pembina dan guru agar selalu melaksanakan pengawasan melekat kepada adik-adik, terutama pada kegiatan di luar atau lapangan.

Pada kegiatan hari pertama perkemahan, Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya Serda Timisela mengajarkan berbagai materi bagi adik-adik Pramuka Siaga seperti materi Pramuka dan Kepramukaan, Struktur Organisasi Gerakan Pramuka, Implementasi Kode Kehormatan Pramuka Siaga dan Penggalang, Teknik Kepramukaan dan dilanjutkan dengan renungan/refleksi diri.

Di hari kedua, Serda Marselino Sayuai selaku Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya memimpin senam pagi diikuti adik-adik Pramuka Siaga kemudian melaksanakan kegiatan longmarch berjarak 2,5 Km, karya bakti membersihkan lingkungan sekolah SD Inpres Mulia dan kegiatan pentas seni.

Selanjutnya kegiatan karya bakti membersihkan lingkungan sekolah, yang bertujuan supaya adik-adik Pramuka selalu menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar dari usia dini.

Kepsek SD Inpres Mulia Oncelina Tekege atau disebut dengan Kaka Mabigus mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1714/Puncak Jaya serta kakak-kakak pembina dari Saka Wira Kartika yang telah meluangkan waktu untuk membantu para guru dan telah mengajarkan materi-materi Pramuka bagi siswa dan siswi kami. “Kiranya Tuhan senantiasa memberkati kakak pembina dalam tugas dan pengabdiannya,” ujarnya.

“Bagi para guru dan para siswa/siswi, ilmu yang telah diberikan dari kakak pembina kiranya bisa menjadi bekal untuk nanti bisa dilanjutkan sampai tingkatan yang lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Kaka Mabigus juga meminta agar kakak pembina dari Saka Wira Kartika Kodim 1714/Puncak Jaya selalu membantu guru-guru dalam mengajarkan kegiatan Pramuka, dikarenakan banyak guru yang belum begitu paham tentang materi-materi Pramuka, dan berharap bisa berlanjut di tahun-tahun yang akan datang. *ferr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.