Resmi, Irjen Pol Idham Azis Jadi Kabareskrim Polri

Upacara serah terima jabatan Kabareskrim Polri dan beberapa jabatan lainnya di Rupatama Mabes Polri, Kamis (24/1) pagi.

Jakarta – Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Bareskrim Polri dari Komjen Pol Arief Sulistyanto kepada Irjen Pol Idham Azis berlangsung di ruang Rupatama Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri), Jakarta Selatan, Kamis, (24/1) pagi.

Upacara sertijab dipimpin langsung Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai inspektur upacara dan disaksikan seluruh pejabat utama Mabes Polri.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai dengan penyematan lencana dan pemberian tongkat komando kepada pejabat kepolisian oleh Kapolri.

Penyematan lencana dan pemberian tongkat komando ini menandai resminya Idham Azis sebagai Kabareskrim Polri ini sekaligus juga menandai resminya Arief Sulistyanto sebagai Kalemdiklat Polri.

Selanjutnya, Kapolri membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti perwira yang melakukan serah terima jabatan.

Dalam sumpah jabatan itu, perwira polisi diminta setia dan taat kepada Pancasila, UUD RI 1945, NKRI serta menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan nota integritas kepada pejabat polri yang baru dilantik.

Di kesempatan yang sama, juga dilakukan sertijab beberapa pejabat Polri. Posisi Kapolda Metro Jaya diserahterimakan dari Irjen Pol Idham Azis kepada Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

BACA JUGA:

Kemudian posisi Asisten Bidang Perencanaan dan Pengadaan Polri akan diisi Irjen Pol Agung Sabar Santoso.

Komjen Pol Unggung Cahyono yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat Polri akan menempati jabatan baru, yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam).

Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Selatan diserahkanterimakan dari Irjen Pol Umar Septono kepada Irjen Pol Hamidin. Irjen Pol Umar Septono kini menjabat sebagai Wairwasum Polri.

Kemudian Dankor Brimob Polri juga diserahterimakan dari Irjen Pol Rudy Sufahriadi kepada Irjen Pol Ilham Salahudin. Irjen Pol Rudy selanjutnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Jabatan Kapolda Bengkulu juga diserahterimakan dari Brigjen Pol Coki Manurung kepada Brigjen Pol Supratman. Brigjen Pol Supratman sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda JawaBarat. Sedangkan Brigjen Pol Coki Manurung dipindahtugaskan sebagai Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Maluku Utara juga diserahterimakan dari Brigjen Pol M Naufal Yahya kepada Brigjen Pol Suroto yang sebelumnya menduduki jabatan Karopsi SSDM Polri. Sedangkan Brigjen Pol M Naufal digeser menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.

Dalam amanahnya, Kapolri menegaskan acara serah terima jabatan adalah sesuatu yang biasa di tubuh Polri.

“Polri bukan dimiliki satu orang, apalagi oleh seorang Kapolri, dimiliki seorang Polri kita sudah memiliki sistem sudah baku, standar,” tegasnya.

Dilanjutkannya lagi, ia juga berpesan kepada pejabat yang baru serah terima jabatan agar bisa mengemban tugas secara amanah dan memberikan kontribusi bagi organisasi, bangsa, dan negara.

“Di tempat baru apapun tempatnya adalah jalan Tuhan, amanah Tuhan harus diemban sebaik-baiknya,” kata Tito.

Ditegaskannya juga, mutasi yang dilakukan juga sama sekali tidak ada kaitannya dengan fraksi dan friksi di internal Polri.

Polri, kata Kapolri, tetap solid tanpa ada fraksi dan friksi-friksi di dalamnya. bem

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *