Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT Ke-77 TNI Dengan Tema TNI Adalah Kita

Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan HUT Ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebagai inspektur upacara (irup), yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/10/2022) pagi. Hari Jadi TNI ini bertema “TNI Adalah Kita”.

Bertindak selaku komandan upacara (Danup) HUT Ke-77 TNI Kolonel Laut (PM) M. Erwin Kasirun yang saat ini menjabat Danpom Koarmada I, dan perwira upacara yaitu Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya saat ini menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Bacaan Lainnya

Pengucap Sapta Marga dilakukan oleh Lettu Czi. Dwi Putra, Lettu Mar. Marchel Galih Angkoso, dan Lettu Pnb. Avinash Harist Ramawijaya.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun ke-77 kepada TNI. “Pertama-tama, atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara-saudara bertugas,” ujarnya dari mimbar, didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran seluruh keluarga besar TNI yang terus menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyapa perwakilan prajurit TNI yang mengikuti upacara melalui konferensi video dari beberapa wilayah di Indonesia, yaitu mereka yang berugas sebagai pengaman perbatasan negara di beberapa Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Perbatasan RI-Malaysia PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Perbatasan Indonesia-Timor Leste di PLBN Motaain, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Perbatasan Indonesia-Papua Nugini di PLBN Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, dan Pengamanan Pulau Terluar di Pos Kabaruan, Pulau Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Kepada para prajurit tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Menurut Presiden Jokowi, apa yang dilakukan para prajurit TNI di perbatasan adalah tugas yang mulia dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Yang saudara-saudara lakukan adalah tugas yang mulia, menjaga perbatasan, menjaga NKRI. Sekali lagi, selamat bertugas, jaga kesehatan, terima kasih. Salam untuk seluruh prajurit yang ada di perbatasan-perbatasan,” pungkasnya. *fernang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.