HUT Ke-77 TNI, Masyarakat Saksikan Defile Pasukan Hingga Naiki Ranpur

Jakarta – Presiden Joko Widodo didampingi ibu Iriana bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ibu Wury Ma’ruf Amin bersama undangan lainnya dan masyarakat antusias menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista (alat utama sistem senjata) atau kendaraan tempur (ranpur) TNI.

Kegiatan defile pasukan dan pawai alutsista ini dalam rangka HUT Ke-77 TNI, dan dilaksanakan usai upacara yang dipimpin Presiden Jokowi, sebagai inspektur upacara bertema “TNI Adalah Kita”, di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022).

Bacaan Lainnya

Defile diawali dengan keterampilan kolone senapan oleh prajurit TNI Angkatan Laut (AL), kemudian diikuti drumband dari Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD), diikuti Kompi Komando Operasi Khusus (Koopsus TNI), Kompi TNI AD, Kompi TNI Angkatan Laut, Kompi TNI Angkatan Udara, dan diikuti Kompi PNS TNI, diikuti Komponen Cadangan (Komcad) serta defile kendaraan tempur (ranpur).

Ranpur TNI ini bergerak dari depan Istana secara beriringan dan berhenti di Bundaran Hotel Indonesia (HI), untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat guna menyaksikan alutsista terbaru yang dimiliki TNI.

“Alutsista yang dipamerkan oleh TNI merupakan alutsista tercanggih yang dimiliki negara hingga saat ini. Total ada 72 (unit), 9 (unit) di antaranya digelar di depan istana persis,” ujar Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa.

TNI AD menampilkan 15 jenis alutsista, mulai dari kendaraan Komodo, Astros, hingga V-150. TNI AL mempersiapkan 8 jenis alutsista yang dapat disaksikan oleh masyarakat, seperti Sea Reader RIB Marine, Howitzer 105 mm, hingga kendaraan penjinak bom.

Sementara, TNI Angkatan Udara menampilkan 11 jenis alutsista yaitu kendaraan P6 ATAV, DMV 30, Oerlikon Sky Shield, hingga Smart Hunter SH 711.

Selanjutnya atraksi pesawat tempur menutup rangkaian upacara peringatan HUT ke-77 TNI, yang secara bergantian melintasi langit Istana Merdeka.

Atraksi udara pertama yang melintas yakni formasi flypass pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang dipimpin oleh flight leader Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira.

Dilanjutkan dengan tampilnya formasi helikopter gabungan tiga matra, Trimatra Flight, heli AH64E Apache dari TNI AD, heli AS565 Panther dari TNI AL, heli C-725 Caracal TNI AU, dan heli Super Puma NAS-332 TNI AL yang membawa bendera Merah Putih raksasa pada ketinggian 1.000 kaki, dipimpin oleh Letkol Pnb Immanuel Simarmata yang saat ini menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja.

Atraksi udara tersebut ditutup aksi tim aerobatik TNI AU atau Jupiter Aerobatic Team, dengan leader, Mayor Pnb Ripdho Utomo dengan formasi Mayor Pnb I Gede Ngurah, Mayor Pnb Pujo Setyo Anggoro, Mayor Pnb Ferdian Habibi, Mayor Pnb Idam Satria, dan Kapten Pnb Bayu Aneugerah, serta narator Mayor Pnb Oliv Rizando.

Untuk merekam aksi mereka di langit Jakarta, enam pesawat baling-baling KAI KT-1B yang digunakan Jupiter Aerobatic Team itu dipasang kamera di sejumlah titik yakni kokpit, sayap, dan ekor pesawat. *ferry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.