Pangdam Pattimura Tinjau Serbuan Vaksin di Pelabuhan Ambon

Ambon – Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon membuka kegiatan Serbuan Vaksinasi, yang digelar di Pelabuhan Yos Sudarso, kelurahan Hanipopu, kecamatan Sirimau, kota Ambon, Maluku, Rabu (23/02/2022) pagi.

Vaksinasi Covid-19 ini merupakan kerja sama Kodam XVI/Pattimura, dalam hal ini Kesdam XVI/ Pattimura, dengan PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Ambon dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon terus menekankan selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengejar target vaksin untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity di Maluku dan Maluku Utara. Serbuan Vaksin ini juga merupakan perintah Bapak Presiden Joko Widodo dalam rangka mencegah penularan covid kepada seluruh lapisan masyarakat serta untuk menegakkan protokol kesehatan, khususnya disiplin memakai masker.

“Saya mengapresiasi kepada rekan- rekan semua yang telah merealisasikan serbuan vaksin ini, karena pelabuhan merupakan center of gravity, salah satu pintu gerbang keluar masuknya masyarakat ke wilayah Maluku, dan ini sangat mempengaruhi lajunya penyebaran covid. Hari ini, dengan vaksinasi dan disiplin memakai masker, kita tekan penularan covid di lingkungan pelabuhan,” ujar Jenderal bintang dua mantan Wakil Danjen Kopassus ini.

Pada kesempatan itu, mantan Dankoopssus TNI juga mengimbau agar pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur kesehatan, sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang justru menjadi peluang terhadap resiko tertular virus Covid. “Terus kita capai Ale Sehat , Beta Sehat dan Katong Samua Sehat,” tandas Richard.

Saat yang sama Pelaksana Tugas Kepala KSOP Kelas I Ambon, Ferra Juliana Alfaris menyampaikan terima kasih kepada Pangdam XVI/ Pattimura yang telah memprakarsai kegiatan Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Ambon.

Tercatat kegiatan vaksin ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan di Pelabuhan Yos Sudarso, vaksin pertama dan kedua pada Agustus 2021 yang lalu.

“Dengan adanya Covid-19 sangat mempengaruhi aktivitas kita khususnya masyarakat maritim di Pelabuhan Ambon, dengan kegiatan ini kami sangat mengharapkan bahwa pelabuhan dapat bersih dari Covid-19 khususnya varian Omicron,” tambahnya.

Adapun vaksin covid-19 yang dilaksanakan untuk dosis pertama dan kedua serta vaksinasi lanjuta atau booster. Disiapkan sebanya 800 dosis vaksin jenis Pfizer, dan akan terus ditambah hingga pekerja dan masyarakat sekitar pelabuhan semuanya tervaksinasi.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, diantaranya Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P Ritiauw, para PJU Kodam XVI/Pattimura, dan Forkopimda Maluku, pejabat Polda Maluku dan Pemprov Maluku. *gol

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *