Menhan Prabowo Serahkan 8 Helikopter Airbus H225M ke TNI AU

Menhan Prabowo Subianto menyiramkan air kembang ke hidung helikopter Airbus H225M dalam acara penyerahan delapan unit helikopter H225M di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat, (1/12).

Bogor – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M, yang semula bernama Eurocopter EC725 Caracal, kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat, (1/12).

Delapan helikopter Airbus yang seluruhnya dirakit dan dilengkapi oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) itu kini resmi memperkuat Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja.

Tidak hanya menyerahkan delapan unit helikopter ke TNI AU, yang diterima langsung oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Prabowo juga meresmikan full flight simulator Airbus Helicopters H225M di Lanud Atang Sendjaja.

“Hari ini, kita melihat penyerahan delapan helikopter. Ini belum seberapa kebutuhan kita, karena luas wilayah kita sangat luas dan mereka-mereka (prajurit TNI AU) yang akan menjadi awak helikopter ini mempertaruhkan nyawanya. Putra, putri ini, anak-anak kita, mempertaruhkan nyawanya setiap saat, mereka rela, mereka ikhlas. Karena itulah, hari ini saya merasa bangga berada di tengah-tengah Saudara-Saudara sekalian, khususnya di Pangkalan Udara Atang Sendjaja,” papar Menhan  Prabowo saat acara penyerahan helikopter H225M tersebut.

Ditegaskannya, Pemerintah, melalui Kementerian Pertahanan, berjuang keras membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaik untuk TNI, khususnya TNI AU, demi memperkuat kesiapan tempur sekaligus pertahanan udara Indonesia.

“Saya beserta seluruh jajaran Kementerian Pertahanan akan berjuang keras untuk memperbaiki kondisi kualitas hidup Saudara-Saudara, memperbaiki pelayanan yang Saudara butuhkan, mencari peralatan yang terbaik, pemeliharaan yang terbaik; sehingga benar-benar kita akan memiliki Angkatan Udara yang handal. Kita harus punya kekuatan udara yang handal, yang unggul. Itu harus menjadi tekad bersama,” tegas Prabowo.

Dalam upacara penyerahan delapan unit helikopter H225M itu, Menhan Prabowo memimpin langsung prosesi penyiraman air kembang dan pemecahan kendi ke salah satu hidung atau moncong helikopter.

Kemudian,  Menhan Prabowo bersama Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, yang mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, meninjau ke dalam helikopter dan meresmikan simulator helikopter H225M.

Helikopter Airbus H225M.

Airbus Helicopters H225M merupakan helikopter angkut berat serbaguna yang berfungsi untuk operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara.

Helikopter yang didesain oleh Airbus Helicopters itu dilengkapi dengan sejumlah perangkat canggih, di antaranya desain modural, penggunaan material komposit, avionik canggih termasuk LCD multi-function display, vehicle monitoring system, dan automatic flight control system.

H225M juga menggabungkan pembangkit listrik Turbomeca MAKILA 2A1 generasi baru serta dapat dilengkapi dengan sistem senjata HForce, yaitu sistem persenjataan yang memungkinkan untuk semua jenis skenario operasi udara. Bembo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *