KSP Bersama Danpaspampres Sampaikan Rengiat Presiden Di IKN

BALIKPAPAN – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan rencana kegiatan (Rengiat) Presiden Joko Widodo selama berada di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

“Presiden sudah berada di Balikpapan, dan malam ini agenda yang terdekat adalah pukul 20.00 memberikan arahan dan diskusi dengan gubernur 34 provinsi dan juga 15 tokoh yang dipilih gubernur Kalimantan Timur,” ujar Heru dalam keterangan persnya secara virtual, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Agenda selanjutnya, lanjut Heru, Senin pagi berangkat dari Balikpapan menuju IKN untuk melakukan prosesi kegiatan meminta doa dan memanjatkan doa serta menjunjung tinggi kearifan lokal di Kalimantan Timur.

Setelahnya kegiatan penanaman pohon Setpres bersama Kementerian PUPR & Lingkungan Hidup mempersiapkan pohon yang akan ditanam oleh seluruh gubernur bersama Jokowi.

Heru menuturkan, pada Selasa Jokowi bersama para gubernur meninjau dan melihat beberapa lokasi antara lain nursery yang sudah disiapkan Kementerian LHK untuk segera melakukan penghijauan penanaman pohon di beberapa titik lokasi.

Heru menjelaskan, segala sesuatunya sudah dipersiapkan untuk menginap selama di IKN apa adanya. “Dan untuk Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” katanya.

Saat yang sama Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyampaikan, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan dengan mensyaratkan negarif covid-19 berdasarkan tes swab bagi personel.

“Meskipun itu tempatnya ada di sekitar hutan yang mungkin udara juga cukup, tapi itu sudah menjadi protap bagi kami, termasuk siapapun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat,” tegas Danpaspampres.

Selanjutnya, mantan Danrem 052/Wijayakrama ini menjelaskan terkait pencegahan penyakit malaria mengingat kondisi geografis yang cenderung masih dikelilingi hutan lebat.

“Kami sudah melaksanakan pengasapan atau fogging mencegah malaria. Dan disekitar tenda VVIP sudah disebar garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata,” kata Budi.

Mantan Wadanjen Kopassus ini juga menyampaikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto.

“Mudah-mudahan di Ring dua dan tiga sudah ter-cover sehingga keamanan di Ring 1 bisa sangat terjamin,” pungkas Budi. *fpn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.