Kodim Kabupaten Bogor Bersama Eiger Adventure Land Mulai Tanam Sejuta Pohon

Kabupaten Bogor – Untuk mendukung program Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam melaksanakan penghijauan di beberapa titik di seluruh Indonesia.

Kodim 0621/Kab.Bogor dengan berkolaborasi bersama Forkopimda Kabupaten Bogor dan Eiger Adventure Land melaksanakan launching penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan secara serentak, dan dilakukan secara simbolis di lahan Ekowisata Eiger Adventure Land di Ds. Sukagalih Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor dan di beberapa Lokasi lainnya, Kamis (31/3/2022).

“Hari ini Kodim 0621/Kabupaten Bogor melaksanakan launching penanaman sejuta pohon untuk wilayah Kabupaten Bogor dengan tema 1 juta pohon hijaukan Bogor. Untuk saat ini kami akan menanam pohon dengan jumlah sebanyak 50.280 pohon yang dilaksanakan serentak di 24 Koramil atau 40 kecepatan,” ujar Dandim 0621/Kab. Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara.

Untuk di lahan Eiger ini, lanjut Gan Gan, pihaknya akan menanam sebanyak 1.000 pohon diantaranya pohon Rasamala (Altingia excelsa) sebanyak 300 pohon, kemudian Ki hoe (michocarpus sundaicus) sebanyak 600 pohon, Puspa (schima wallichii) ada 115 pohon, Kitambaga (sysgium antisepticum) 50 pohon, dan juga Kisireum (Euginia Davymirtus) sebanyak 100 pohon.

“Di mana sebenarnya jumlah pohon yang ditargetkan untuk ditanami di wilayah Kabupaten Bogor yaitu sebanyak 1 juta pohon dengan target waktu yang ditetapkan yaitu selama 6 bulan kedepan,” katanya.

“Kami sebagai pembina wilayah sebelumnya telah membahas, apa yang dapat kami lakukan untuk lingkungan dan masyarakat yang akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Dari hal tersebut kami berfikir bahwa di kabupaten Bogor ini sering terjadi bencana alam tanah longsor atau pergeseran tanah dan bencana banjir yang biasanya terjadi di awal tahun, berpijak dari hal tersebut kami berkesimpulan bahwa bencana alam banyak terjadi di daerah perbukitan atau daerah-daerah yang pernah dibuka misalnya sebagai lahan pertanian. Ternyata masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa daerah perbukitan hanya bisa diperuntukkan untuk menanam pohon-pohon besar yang akarnya dapat mengikat tanah disekitarnya. Namun dikarenakan kelalaian warga masyarakat yang menebang habis pohon-pohon tersebut maka menyebabkan terjadinya pergeseran tanah/longsor,” tambahnya.

“Oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada Eiger karena sudah memberikan full support kepada Bappedas yang sudah memberikan banyak bantuan bibit tanaman agar terlaksananya penanaman pohon di wilayah kabupaten Bogor. Dan kami pun akan terus memantau pelaksanaan penanaman pohon ini. Di mana ini juga menjadi satu perintah dari Bapak Kasad untuk kami prajurit TNI Polri yang ada di wilayah khususnya Kodim 0621/Kabupaten Bogor yang dapat menjadi solusi bagaimana mengatasi masalah-masalah yang ada di sekitar masyarakat kita, dalam hal ini adalah bagaimana kita mengatasi atau mengurangi dampak dari bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Bogor, salah satunya dengan cara penghijauan. Dan tentunya ini pun diharapkan kedepannya pada saat musim hujan sudah tidak ada lagi terjadinya bencana alam baik tanah longsor, banjir atau pergeseran tanah. Ini bisa menjadi antisipasi dari bencana alam. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Eiger dan juga kepada Bappedas yang sudah membantu kami di kewilayahan untuk melaksanakan hal ini, sehingga penanaman satu juta pohon dapat terlaksana dengan lancar dan semaksimal mungkin,” tegas Dandim dalam sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Dirut Eiger Adventure Land Imanuel menyampaikan, dari tim Eiger bersama jajaran Kodim 0621/Kabupaten Bogor telah mempersiapkan penanaman satu juta pohon di kabupaten Bogor,

“Ini dilakukan untuk melaksanakan amanat dari Bapak Kasad, kedepannya pun kami akan selalu berkomitmen untuk terus menanam pohon dan melestarikan lingkungan di kawasan kami,” sambung Imanuel.

Imanuel berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk banyak pihak dalam pelestarian lingkungan. “Mari kita jaga alam mari kita lestarikan lingkungan kita tempat di mana kita berpijak. sebagai sebuah warisan yang bisa kita tinggalkan untuk anak dan cucu kita kelak,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan penanaman sejuta pohon yang diselenggarakan oleh Kodim 0621 bersama PT Eiger yaitu Kasiran Rem 061/Sk yang mewakili Danrem 061/Sk, kemudian Bupati Bogor yang diwakili oleh Sekdis Lingkungan Hidup, Kapolres Kab Bogor, perwakilan dari PTPN VIII, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), Forkopimcam Kec. Mega Mendung dan tokoh masyarakat setempat.*yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.