Jokowi dan 34 Gubernur Akan Berdoa Bareng di IKN Hari Ini

SEPAKU – Presiden Joko Widodo akan memanjatkan doa bersama dengan 34 gubernur se Indonesia, di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, kecamatan Sepaku, kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3/2022) pagi.

“Agenda Bapak Presiden Senin pagi, berangkat dari Balikpapan menuju IKN, untuk melakukan prosesi meminta doa, memanjatkan doa dan menjunjung tinggi kearifan lokal di Kalimantan Timur, mengajak gubernur bersama mensukseskan program IKN ini,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, pada Minggu (13/3) malam.

Bacaan Lainnya

Diketahui para gubernur datang dengan membawa air dan tanah dari lokasi bersejarah di provinsinya masing-masing. Air dan tanah tersebut akan disatukan di IKN. Penggabungan ini menggambarkan IKN sebagai ibu kota tanah air Indonesia.

Prosesi ini disebut dengan ritual “Kendi Nusantara” dan para gubernur yang hadir wajibkan mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini mencerminkan persatuan dan kesatuan, Bhinneka Tunggal Ika, serta bermakna bahwa IKN Nusantara adalah milik seluruh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya Jokowi direncanakan akan menginap dan berkemah di IKN bersama lima gubernur se Kalimantan yaitu Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. *ferry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.