Di Hadapan Wisudawan Prabhatar 2023, Panglima TNI Berpesan Waspadai Upaya Memecah Belah TNI-Polri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menghadiri kegiatan Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akpol di Magelang. (Foto: Ist)

Magelang – Durasi waktu 4 bulan dalam Resimen Candradimuka menjadi waktu yang sangat berharga bagi Prajurit Taruna (Pratar) dan Bhayangkara Taruna (Bhatar) untuk menumbuhkan ikatan persaudaraan dan jiwa korsa yang sangat erat. Karena itu, waspadailah segala bentuk upaya untuk memecah-belah soliditas TNI-Polri, terlebih dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian pesan yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memimpin Upacara Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Tahun 2023, di Akademi Militer Magelang, Selasa (28/11).

Di hadapan 1.234 Taruna, Panglima TNI juga menegaskan bahwa wisuda ini adalah awal dari pengabdian para taruna kepada bangsa dan negara.

“Setelah ini kalian akan melanjutkan pendidikan yang lebih menuntut perhatian, konsentrasi, kesiapan fisik dan mental serta komitmen dalam menyerap seluruh ilmu dan menguasai berbagai kemampuan,” kata Panglima Agus.

“TNI dan Polri harus mampu membangun kredibilitas dan integrasi dalam mengawal keutuhan bangsa dan negara dalam menjaga netralitas dan tetap berkonsentrasi pada fungsi pertahanan dan keamanan,” sambungnya lagi.

Dalam rangkaian upacara wisuda, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Aulia Nasrullah yang sehari-hari menjabst sebagai Komandan Resimen Chandradimuka.

Rangkaian kegiatan pelantikan Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian ditandai dengan penyematan tanda pangkat Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akpol oleh Panglima TNI dan Kapolri.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menampilkan display Genderang Suling Cangka Lokananta (GSCL) Akmil, seni bela diri dikombinasikan dengan simulasi halang rintang, bongkar pasang senjata, teknik dasar tempur dan kolone senapan.

Turut hadir dalam upacara ini Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Arif Rahman. Bembo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *