Dewa Kwan Kong Ulang Tahun, Budayawan Suhu Acai Gelar Perayaan Sederhana

Suhu Acai dalam kondisi trance kerasukan Dewa Kwan Kong saat perayaan ulang tahun Dewa Kwan Kong.

Bogor – Budayawan Tionghoa, Suhu Acai menggelar perayaan ulang tahun Dewa Kwan Kong.

Proses perayaan dilakukan secara sederhana namun tetap tak meninggalkan sisi enerjik dan keagungan yang menjadi ciri khas Dewa Kwan Kong.

Seluruh proses perayaan ini digelar di Kelenteng Ciu Lung Wang, Kampung Cikoleang RT 003 RW 02, Pabuaran, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/7) sore.

Diawali dengan sembahyang dan doa yang dipanjatkan seluruh umat yang hadir, prosesi perayaan kemudian berlanjut ke tahapan trance Suhu Acai yang kerasukan Dewa Kwan Kong.

Seusai prosesi perayaan yang khidmat dan sakral, acara lalu berlanjut ke sesi atraksi hiburan barongsai dan organ tunggal.

Suhu Acai yang duduk di atas kursi roda mendapat kesempatan pertama memberikan angpau tanda keberkahan ke barongsai. Aksi ini juga diikuti para tamu yang ada.

Suhu Acai dalam kondisi duduk di kursi roda mendapat kesempatan pertama memberikan angpau tanda keberkahan kepada barongsai yang beraksi.

Sedikit mengenal tentang Dewa Kwan Kong, sosok yang juga umum dikenal dengan nama Guan Di atau Guang Gong adalah seorang panglima perang kenamaan yang dihidup pada zaman San Guo (221 – 269 Masehi).

Nama asli Kwan Kong adalah Guan Yu alias Guan Yun Chan ( Kwan In Tiang – Hokkian ). Oleh Kaisar Han dia lalu diberi gelar Han Shou Ting Hou. Kwan Kong dipuja karena kejujuran dan kesetiaan.

Selain dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong juga dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan.

Sedangkan julukan Dewa Perang yang dialamatkan kepada Kwan Kong diartikan sebagai Dewa untuk menghindari peperangan yang segala akibatnya akan menyengsarakan rakyat.

Berdasarkan banyak referensi, Kwan Kong adalah penduduk asli Kabupaten Hedong (sekarang Jiezhou) di Provinsi Shanxi, Tiongkok. nicky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.