Danrem 071/Wk Wujudkan Kampung Pancasila di Cilacap

CILACAP – Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga wujudkan terbentuknya Kampung Pancasila di Desa Pasuruan, kecamatan Binangun, kabupaten Cilacap, Kamis (7/4/2022).

Program Kampung Pancasila sebagai wahana untuk menanamkan jiwa nasionalis dan patriotis segenap masyarakat dalam rangka bela negara.

Bacaan Lainnya

Kolonel Inf Yudha Airlangga dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama dibentuknya kampung Pancasila dengan harapan dan tekad yang kuat untuk memantapkan solidaritas antar umat beragama.

“Tidak hanya itu saja, tujuan lainnya dibentuknya Kampung Pancasila adalah untuk memantapkan kerukunan masyarakat atas keberagaman yang ada. Menjadi tempat pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila bagi masyarakat. Menanamkan pemahaman kepada para seluruh warga agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan. Serta untuk mengimplementasikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila didalam kehidupan sehari-hari,” ujar Yudha.

Dengan terwujudnya Kampung Pancasila, lanjut Yudha, semoga bermanfaat bagi kita dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara serta dapat memberikan pemahaman bagi generasi muda.

“Kita ketahui bersama bahwa 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan suatu kekuatan bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur,” katanya.

Yudha menegaskan, keberadaan Kampung Pancasila diharapkan dapat meningkatkan implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada kehidupan masyarakat yang rukun, santun dan berbudaya sesuai nilai-nilai luhur Pancasila.

“Gagasan dibentuknya Kampung Pancasila yaitu agar masyarakat mampu mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi kaum milenial atau generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” pungkasnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.