Dandim Depok Temukan Migor Curah Tak Sesuai HET di Pasar Cisalak

CIMANGGIS – Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan Korem 051/Wijayakarta meninjau Pasar Rakyat Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Minggu (29/5/2022), guna mengecek harga minyak goreng (migor) curah bersubsidi yang dijual para pedagang.

Dalam peninjauannya disejumlah lapak atau toko di Pasar Cisalak, masih ditemukan pedagang yang menaikkan harga migor curah tidak sesuai HET yang ditetapkan oleh pemerintah, berkisar dari Rp16-19 ribu.

Bacaan Lainnya

“Dari hasil pengecekan yang kami lakukan, masih kami temukan kenaikan harga variatif. Ada yang menjual sesuai dengan harga eceran tertinggi atau HET, ada pula pedagang yang menjualnya di atas HET. Itu harganya Rp 16 ribu hingga Rp 19 ribu,” ujar Elvino, di Pasar Cisalak.

Adapun pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi atau HET migor curah yakni sebesar Rp14.000 per liter atau setara Rp 15.500 per kilogram.

Elvino menjelaskan, penyebab pedagang menaikkan harga tidak sesuai HET, dikarenakan mereka enggan membeli migor curah dari distributor resmi. Pedagang masih membeli ke agen-agen yang menjual dengan harga tinggi.

Oleh karena itu, lanjut Elvino, pihaknya pun akan menelusuri dari mana asal migor curah yang dibeli para pedagang di Pasar Cisalak tersebut dengan harga lebih tinggi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kepala pasar untuk terus pantau harga, stabilkan harga, sesuaikan dengan HET yang telah ditetapkan pemerintah,” tegas Elvino.

“Jika ada yang menjual di atas harga tersebut, telusuri agennya, beri imbauan atau peringatan. Apabila peringatan-peringatan tersebut tidak diindahkan, bisa dilakukan tindakan administratif, atau laporkan ke pihak berwenang,” tambahnya.

Pria yang akrap disapa Vino ini menegaskan, pihaknya akan terus memantau harga migor curah di kota Depok hingga kembali menjadi normal. Sebagaimana harga-harga yang sebelumnya sempat naik kini mulai berangsur turun.

“Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius Pemerintah. Tidak hanya minyak goreng, tetapi juga barang kebutuhan pokok lainnya. Dan ini salah satu tugas yang dimandatkan ke kami (TNI) oleh pemerintah, agar masyarakat bisa menikmati harga dengan wajar,” tandasnya. *lan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.