Bawaslu Ungkapkan Hal Urgensi Pemilu 2024 Pada Lemhannas dan Polri

Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum –
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menilai Pemilu 2024 akan banyak dinamika utamanya banyak hal-hal tidak terduga seperti potensi pelanggaran. Maka dia melihat butuh kerja sama antar pemangku kepentingan untuk meminimalisir kemungkinan potensi konflik yang ada.

Bagja melihat ada hal urgensi yang perlu menjadi perhatian di Pemilu 2024 yaitu politik dan Suku Ras dan Agama (SARA), politik uang dan penyalahgunaan anggaran, pelanggaran netralitas ASN TNI/Polri dan Kepala Desa, data dan pemutakhiran data pemilih, kerumitan pemungutan dan penghitungan percepatan hasil terakhir hoax atau berita bohong.

“Maka kerja sama pemangku kepentingan dibutuhkan, agar ini menjadi perhatian kita bersama,” kata Bagja, dalam Round Table Discussion (RTD) Konflik Sosial dalam Pemilu dan Pencegahannya untuk Menyukseskan Pemilu 2024, di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Bagja menjelaskan, Bawaslu tidak akan bekerja dengan tangan kosong sehingga strategi telah disiapkan. Seperti, jelas Bagja, pencegahan potensi pelanggaran dengan pengawasan secara langsung. Ini dapat dipecahkan dengan identifikasi dan pemetaan kerawanan dan pelanggaran pemilu koordinasi, supervisi, membimbing, memantau dan evaluasi penyelenggaraan pemilu.

“Lalu bisa juga dengan koordinasi melibatkan instansi Pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan hubungan antar lembaga,” kata dia.

Selain itu, dirinya menyatakan Bawaslu pun bersiap melakukan penindakan terhadap dugaan pelanggaran pemilu dan penyelesaian sengketa. Bawaslu pun, dikatakan Bagja, dapat memberikan saran rekomendasi perbaikan.

“Saya harap nanti kampanye di 2024 penuh senyum dan damai, semoga para calon dan partai politik mengerti menjaga bhineka tunggal Ika dan kesatuan negeri kita,” terangnya.

Dalam acara tersebut hadir juga, Wakil Gubernur (Wagub) Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dan Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan beserta jajaran. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.