Babinsa bersama Petani Bersihkan Rumput Gulma

Madiun – Untuk mensukseskan program swasembada pangan Nasional, Babinsa Kelurahan Pilangbango Koramil 0803/15 Kartoharjo Koptu Gogot Subiyanto membantu petani membersihkan rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman padi di area sawah milik Wagio salah seorang anggota Poktan Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Rabu (02/01/2019).

Babinsa dan petani mencabuti rumput secara tradisional dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi, pembersihan gulma dilakukan saat umur tanaman padi mencapai 30 hari agar tanaman padi tumbuh normal.

Bacaan Lainnya

“Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau diantara tanaman padi,” ujar Babinsa.

“Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, sehingga tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal,” sambungnya.

Sementara itu, Danramil 0803/15 Kartoharjo, Kodim 0803/Madiun Kapten Chb Loso menambahkan, Babinsa mendampingi petani memang sudah menjadi salah satu tugas pokoknya, kegiatan yang dilakukan ini untuk mewujudkan swasembada pangan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah Republik Indonesia. “Salah satu komoditi yang sangat diunggulkan yaitu program tersebut padi, jagung dan kedelai,” terangnya.

“Harapannya dengan kehadiran babinsa, tanaman padi yang ditanam akan tumbuh dengan subur, maksimal dan hasil panen yang akan dicapai petani pun akan banyak, sehingga swasembada pangan nasional akan tercapai,” pungkas Danramil.

Lebih lanjut Wagio menuturkan, merasa bangga kepada Babinsa, mau membantu kami para petani, Alhamdulillah pekerjaan kami cepat terselesaikan, meski panas menyengat namun semangat membantu para petani,” tuturnya.

“Babinsa juga luar biasa, saya percaya, karena pak Babinsa biasa panasan dilapangan,“ kata Wagio sembari tersenyum. fer

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *