Akan Bangun Kampung Pancasila, Danrem 071/Wk Kunjungi Wakil Ketua FKUB Banyumas

Purwokerto – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga mengunjungi Gereja Jemaat GUPDI Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (15/6/2022).

Hal ini dilakukan untuk silaturahmi dengan tokoh agama, Wakil Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas, Pendeta Yunus Rahmadi, guna menjalin dan memperkokoh kerukunan umat beragama khususnya di wilayah Banyumas.

Bacaan Lainnya

Kolonel Inf Yudha Airlangga mengatakan, maksud dan tujuan kedatangannya ke tempat pendeta Yunus ini adalah untuk melihat sejauh mana situasi dan kondisi kerukunan umat beragama di wilayah Banyumas.

Menurut Yudha, dari para tokoh agama maupun tokoh masyarakat, diketahui situasi dan kondisi yang sebenarnya di wilayahnya untuk menjaga kondusifitas.

“Apalagi saat ini, marak adanya radikalisme. Karenanya, menyikapi hal tersebut, kita sebagai aparat kewilayahan harus tanggap dan peka atas situasi dan kondisi yang sedang berkembang saat ini,” ujarnya.

Dijelaskan Yudha, FKUB merupakan jembatan antar agama, karenanya dengan adanya FKUB di wilayah diharapkan menjadikan tempat berlindung dalam rangka memberikan solusi agar kerukunan antar umat beragama terjalin kokoh dan kondusifitas wilayah yang semakin kondusif.

“Apalagi di wilayah Banyumas, kerukunan antar umat beragama masuk 10 besar Kota Bertoleransi Agama. Karenanya, dengan menilik hal tersebut, kita bersama harus dapat mempertahankan kondisinya. Dalam mempertahankannya, tidak hanya FKUB saja, namun segenap komponen dan elemen masyarakatnya harus dapat bersinergi satu sama lain membangun kondusifitas wilayah yang kondusif,” pungkasnya.

Pendeta Yunus menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Danrem 071/beserta Kasrem 071/Wijayakusuma. Ia menerangkan, kerukunan umat beragama di wilayah Banyumas terjalin sangat baik. “Kita sering berkomunikasi dengan unsur yang ada diwilayah, baik TNI, Polri maupun Pemerintah Daerah. Dalam rangka menyamakan visi, misi dan persepsi agar kondusifitas wilayah khususnya kerukunan umat beragama di Banyumas tetap kondusif,” tambahnya

Dikatakan pula bahwa pihaknya selalu mendukung upaya-upaya segenap komponen dan elemen masyarakat agar kerukunan umat beragama di Banyumas tetap terjaga dengan baik. Karenanya, dengan hal demikian, sehingga Kabupaten Banyumas masuk dalam 10 besar Kota Toleransi umat beragama nasional.

Pendeta Yunus juga mengungkapkan bahwa, FKUB Banyumas akan membangun Kampung Pancasila di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Barat, berada satu lokasi dengan tempat wisata Menara Pandang Purwokerto, semua tempat ibadah menjadi satu lokasi.

Selain itu juga akan membuat Desa Kerukunan Antar Umat Beragama. Sebagai bentuk, memperkokoh dan mempererat toleransi umat beragama di Banyumas, ditandai dengan diletakkannya Kitab Suci masing-masing agama dan doa bersama lintas agama, di Menara Pandang Purwokerto.

Yunus berharap, agar apa yang telah dilaksanakan bersama tersebut, dapat tetap utuh dan kedepannya semakin kokoh kerukunan umat beragama di Banyumas. *rul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.