1.028 Capratar dan Cabhatar Ikuti Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol

Magelang – Sebanyak 1.028 Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akmil TNI dan Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) Akpol mengikuti Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol selama 3 bulan, di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Magelang.
Pendidikan tersebut secara resmi dibuka oleh Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, yang bertindak selaku Inspektur Upacara, di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Kamis (4/8/2022).
“Pendidikan dasar tahap awal dititik beratkan pada materi dasar keprajuritan dan kebhayangkaraan yang bersifat fisik, mental dan pengetahuan tentang TNI dan Kepolisian agar terbentuk sikap dan perilaku menjadi pribadi dan karakter sebagai seorang Prajurit Sapta Marga dan Bhayangkara Negara,” ujar Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.
Letjen Bakti Agus menjelaskan, setelah Capratar Akademi TNI dan Cabhatar Akpol
menjalani 3 bulan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan dan dinyatakan lulus, mereka akan dilantik menjadi Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akpol. Selanjutnya Bhayangkara Taruna Akpol akan dikembalikan ke Akpol guna mengikuti pendidikan tahap lanjutan selama 3,5 tahun hingga pelantikan menjadi seorang Perwira Polisi dengan pangkat Inspektur Dua Polisi.
Sedangkan Prajurit Taruna Akademi TNI masih akan mengikuti pendidikan lanjutan tahap ke-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan hingga dinyatakan lulus yang ditandai dengan kenaikan pangkat menjadi Kopral Taruna dan kemudian akan diserahkan kepada Akademi Angkatan untuk melanjutkan pendidikan selama 3.5 tahun hingga mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.
Lebih lanjut, Letjen TNI Bakti Agus mengatakan Pelaksanaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan ini bertujuan untuk menanamkan sikap dan semangat integrasi pada Taruna Akademi TNI dan Akpol serta membangun sinergitas dan soliditas bagi calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang,” pungkas Danjen Akademi TNI.
Adapun pada 2022 ini, Akademi TNI akan mendidik sebanyak 1.028 Capratar Akademi TNI dan Cabhatar Akpol yang terdiri dari 379 Taruna Akmil (360 Taruna, 19 Taruni), 250 Taruna Akademi Angkatan Laut (236 Taruna,14 Taruni), 149 Taruna Akademi Angkatan Udara (137 Taruna, 12 Taruni) dan 250 Taruna Akpol (220 Taruna, 30 Taruni). *ferry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.