Tinjau TMMD 116 Kota Bekasi, Danrem 051/Wkt : TMMD Harus Jadi Pendorong Pemerataan Pembangunan

Bekasi – Melalui Kodim 0507/Bekasi TNI AD terus berupaya membantu pemerintah Kota Bekasi dalam pemerataan pembangunan di wilayah perkotaan, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka memberdayakan potensi wilayah untuk menjadi kekuatan pertahanan negara.

Berbagai metode dilakukan untuk mewujudkan sasaran Binter, salah satunya adalah Bakti TNI, yang mana kegiatannya melalui operasi bakti dan karya bakti.

Bacaan Lainnya

Implementasi metode Bakti TNI bisa dilihat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang selama ini berjalan dan telah memberikan manfaat pada aspek pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat serta memberikan manfaat untuk kepentingan pertahanan.

Dalam kegiatannya Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemda, serta lapisan masyarakat, karena kegiatan ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah, terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Dengan program ini, akan mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga bisa mengatasi kesulitan yang terjadi.

Oleh karena itu, peran dan kerjasama yang erat dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu keberhasilan dan kelancaran penyelenggara TMMD.

Kali ini di Kota Bekasi kegiatan TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0507/Bekasi Korem 051/Wijayakarta berlokasi di Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Adapun Tema yang diangkat adalah “sinergitas lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat”. Waktu pelaksanaan selama 30 hari mulai 10 Mei – 8 Juni 2023. Ada sebanyak 150 personel yang dilibatkan, meliputi TNI, Polri dan instansi terkait, serta masyarakat di sekitar sasaran TMMD.

Pelaksanaan kegiatan TMMD tersebut turut mendapatkan perhatian dari Danrem 051/Wijayakarta, dengan cara mengunjungi lokasi kegiatan TMMD pada Senin (22/5/2023) lalu.

Komandan Korem 051/Wijayakarta Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto bersama Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto dan Camat Bekasi Selatan, Karya Sukmajaya melakukan peninjauan ke posko TMMD 116, yang diterima oleh Kapten Inf Tomi Abdullah selaku Plh Pasiter Kodim 0507/Bekasi.

Usai menyambangi Posko, Danrem 051/Wkt di damping Plh.Pasiter melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan saluran air yang berada di RT.05/03, sampai di titik ujung pembangunan.

Untuk kegiatan pengecekan, dilanjutkan dengan meninjau pembangunan rumah milik Bapak Rudi di Rt.02/02 dan rumah milik Bapak Naslim di Rt.03/03 Kelurahan Jakamulya. Disana Danrem menyampaikan kepada para personil satgas, agar waktu pengerjaan bisa lebih di percepat sehingga tidak berbarengan pas penutupan TMMD.

“Minimal 5 hari sebelum penutupan seluruh kegiatan sudah selesai, jadi tinggal finishing dan poles poles dikit,” ujar Brigjen TNI Yustinus kepada Kapten Tomi dan Danki Satgas.

Terlihat di lokasi, pemilik rumah Ibu Rudi turut berbincang dan mengucapkan terimakasih kepada TNI karena rumahnya yang rusak sudah diperbaiki. “Terimakasih Bapak Bapak Tentara, sudah memperbaiki rumah saya, semoga Bapak Bapak Tentara pada sehat semuanya,” imbuhnya.

Sementara Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto mengatakan, kegiatan TMMD ke-116 TA 2023 Kodim 0507/Bekasi ini, selain untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, sekaligus sebagai sarana untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh. *fer 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *