Subdit Resmob Polda Metro Amankan 2 Pelaku  Pembobol ATM dari Bojong Gede

Semanggi – Unit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pembobolan ATM dan menangkap dua pelakunya, berinisial A alias Kopral dan LH, di kawasan Bojong Gede, kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dua pelaku berinisial A alias Kopral dan LH membobol ATM milik dua korban nasabah bank menggasak sebanyak Rp108 juta.

Bacaan Lainnya

“Pelaku Kopral ini adalah seorang residivis dan pernah divonis 8 bulan penjara pada tahun 2015 lalu, dalam kasus sama,” ujar Yusri kepada wartawan, didampingi Kasubag Anev Ditreskrimum Polda Metro AKBP Darmo dan Kanit IV Subdit Resmob Kompol Rizky, di Mapolda Metro, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Menurut Yusri, dalam aksinya kedua pelaku mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi.

“Setelah ATM terganjal, pelaku lain yang berdiri di belakang sedang berdiri lalu menghafal nomor PIN milik korban. Korban langsung pergi ke bank untuk meminta blokir. Pelaku langsung menguras isi tabungan sebesar Rp 10-15 juta, dan pelaku juga mentransfer ke rekening bisa sampai Rp 50 juta. Kerugian kedua korban mencapai Rp 108 juta,” terangnya.

Yusri menambahkan, penyidik masih mendalami apakah ada lokasi lainnya dan berharap ada korban lain yang mau melapor ke polisi.

“Ini modus lama, kami masih menyelidiki apakah ada lokasi lain dan bila ada korban lain untuk segera melapor ke Polda Metro Jaya,” katanya.

Dari tangan kedua pelaku, lanjut Yusri, penyidik menyita barang bukti sejumlah kartu ATM, baju yang digunakan dalam aksi kejahatan dan rekening tabungan mutasi yang sudah terkuras dan HP.

Pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan TPPU dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun. fery

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *