Subdit Jatanras Tangkap CRM Saat Hendak Jual Laptop, Begini Kronologisnya

Semanggi – Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya menyampaikan kasus penemuan mayat perempuan terbungkus plastik hitam, di kolong Tol Becakayu, Jln. Raya Kalimalang, Jati Bening, Pondok Gede, Kota Bekasi, pada Senin, 17 Oktober 2022 lalu sekitar pukul 21.35 WIB.

Dari hasil pengumpulan bahan keterangan dan hasil identifikasi terhadap jasad korban diketahui atas nama Ade Yunia Rizabani P alias Icha (36) beralamat di Pulo Gebang Indah, Cakung, Jakarta Timur dan diketahui terakhir bersama dengan Christian Rudolf Tobing atau CRM (36).

Bacaan Lainnya

“Selanjutnya tim Subdit Jatanras berhasil mengamankan pelaku CRM pada saat dirinya akan menjual laptop barang milik korban di Rumah Gadai Jln. Jatiwaringin Raya 234, Pondok Gede, Bekasi pada Selasa, 18 Oktober 2022 siang,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, di Aula Satya Haprabu Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Senin (24/10/2022), didampingi Direktur Reskrimum Kombes Pol Hengki Haryadi dan Kasubdit Jatanras AKBP Indrawienny Panjiyoga.

Sementara Kasubdit Umum/Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga menyampaikan, tersangka CRM juga merampas sejumlah barang berharga milik korban, yaitu laptop merk HP, sebuah Hp merk Google Pixel warna hitam, gelang emas, cincin emas dan anting emas, satu kartu ATM BCA, dan satu kartu e Money.

Adapun motif pelaku CRM akibat dendam dan sakit hati terhadap Icha dan dua rekannya yang lain H dan S.

Padahal mereka diketahui berteman dalam satu komunitas gereja dan berlanjut berbisnis penjualan alat komunikasi.

“Jadi pelaku CRM menyusun skenario pembunuhan dengan menjadikan H sebagai target pertama, korban I dan dua rekannya yang lain H dan S akibat dendam dan sakit hati,” tambah Panji.

Setelah berusaha dan gagal dengan target pertama, lanjut Panjiyoga, pelaku mulai berpikir untuk beralih kepada target berikutnya yakni Icha alias I, yang sebelumnya juga pernah siaran bareng (podcast).

Pelaku mengajak korban untuk podcast bareng di Apartemen Green Pramuka City Tower Pino lantai 18 kamar PI/18/MO, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang disewa harian.

Korban tewas dibunuh dengan cara dicekik lehernya agar tidak mengeluarkan suara, seperti yang sudah dipelajari pelaku sebelumnya lewat internet. Selanjutnya jasad korban dibungkus plastik hitam dimasukkan dalam troli dan ditumpuk bantal serta tas.

Kemudian tersangka membawa troli tersebut turun menggunakan lift menuju mobil untuk membuangnya di kolong tol Becakayu.

Tersangka CRM dikenakan Pasal 340 subsider Pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman pidana hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara selama lamanya 20 (dua puluh) Tahun. *fernang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.