Metro  

Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor meningkatkan mutu dan kwalitas pelayanan bagi pemohon SIM

TOPIKONLINE.CO.ID -Bogor,- Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan perbaikan kualitas pelayanan.

Pada umumnya, pemohon SIM yang datang tidak punya banyak waktu untuk mengantri mengikuti tes ujian pembuatan SIM.

Karena itulah, Inovasi dan perbaikan mutu pelayanan di Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor selalu berorientasi waktu proses pembuatan SIM yang tidak banyak memakan waktu.

“Kami selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan, diantaranya proses lebih cepat, tidak mempersulit, memberikan solusi, humanis dan ramah kepada Pemohon SIM,”ujar Aiptu Hermansyah Baur Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor,Jumat (24/10/2025)

Aiptu Hermasyah mengatakan, peningkatan mutu dan kualitas pelayanan SIM harus menjadi bukti nyata bahwa pelayanan publik di sektor SIM sudah seharusnya dapat lebih baik dan lebih cepat. “Kami terus berupaya memperbaiki mutu pelayanan, dimana orientasi pelayanan kami berfokus pada penilaian dan kepuasan masyarakat,”tambahnya.

Satu hal yang dapat dirasakan pemohon SIM adalah kecepatan pelayanan di Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor

Nur seorang pemohon SIM mengaku, proses pembuatan SIM di Polreso Kabupaten Bogor antrianya tidak terlalu lama, komunikasi petugas ramah dan proaktif memberikan penjelasan.

Wanita paruh baya ini berharap, kecepatan pelayanan di Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor kiranya dapat dipertahankan demi kepuasan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, kecepatan pelayanan di Satpas SIM Polres Kabupeten Bogor, tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi digital dalam pengolahan data dan manajemen pelayanan. Sistem antrean elektronik dan loket pelayanan berbasis komputerisasi membuat alur kerja menjadi lebih sistematis dan menghindari penumpukan antrean.

“Kualitas pelayanan harus bisa dirasakan oleh masyarakat ketika mereka datang untuk mengajukan pembuatan SIM, kami selalu berupaya agar tidak terjadi antrian panjang,”ujar Aiptu Hernansyah.

Dia menambahkan, peningkatan kwalitas dan mutu pelayanan Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor, juga sudah dilengkapi pelayanan khusus bagi lansia dan disabilitas, serta pembaruan fasilitas ruang tunggu yang lebih nyaman dan informatif.

Selain itu, dia katakan, bahwa petugas pelayanan juga dibekali pelatihan khusus tentang etika pelayanan publik. “Setiap hari kami evaluasi dan perbaiki. Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan terbaik dari kami, karena ini bagian dari tanggung jawab kami sebagai aparat negara,” tambah Aiptu Hernansyah.

Dalam rangka mencegah praktik pungli, Hermansyah mengatakan di beberapa titik strategis Satpas SIM Polres Kabupaten Bekasi terdapat kamera cctv pengawas.

Dia menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengikuti prosedur resmi juga terus dilakukan, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

“Kami berupaya mengedukasi masyarakat, agar tidak perlu menggunakan jasa calo. Karena seluruh proses pembuatan SIM,sangat bisa dilakukan sendiri. Bilamana ada kesulitan, petugas kami siap memberikan penjelasan yang humanis,”terangnya.

Aiptu Hermasyah mengatakan, dengan inovasi pelayanaan SIM yang berbasis digital, Satpas SIM Polres Kabupaten Bogor kini tak lagi identik dengan antrean panjang dan pelayanan yang birokratif.

“Tentunya kami akan terus berupaya bertransformasi menyajikan layanan publik yang modern dan berorientasi pada kepuasan masyarakat,” pungkasnya.