Sarinah Jakarta Content Week 2021 Tampil Offline 1-12 Desember 2021 Sajikan Konten dan Produk Lokal ke Market Internasional

Jakarta, topikonline.co.id – Saat ini semakin banyak konten serta brand lokal yang berkualitas dan berhasil membangun narasi yang bisa menjadikan brand dan konten tersebut dapat bersaing di kancah global. Untuk ituulah dalam rangka Road to Sarinah, maka diselenggarakan Sarinah Jakarta Content Week 2021 (Saarinah Jaktent) yang berlangsung luring bertempat di Sarinah, yang berlokasi di Jalan MH. Thamrin Jakarta pada 1-12 Desember 2021.

Ajang ini akan menampilkan diskusi, pemutaran film, pameran, charity auction, dan aktivitas seru lainnya yang disusun programnya oleh Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair sebagai inisiator Jaktent sejak 2020. Dukungan dana atas acara ini diberikan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT. Sarinah (Persero) dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Sedangkan kolaborasi penyelenggaraan datang dari Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Indonesia Creative City Network (ICCN).
Adapun tamu khusus untuk keseluruhan acara ini adalah kehadiran perwakilan negara Jerman yang disponsori oleh Kementerian Luar Negeri Jerman.
Dengan mengusung tema “Spirit to Gather Again: Embracing Local Creative Movement”, pada pembukaan acara, Kamis 2 Desember 2021, berlangsung Media Visit, Charity Fashion Show “Dari Jakarta untuk Nggela” dan Pre-Lauch Manusia Harum (Dari Jakarta Menuju Paris Fashion Week) yang merupakan kolaborasi fashion koleksi Kami Latu x Batin, Adraworld (fashion designer) dan HMNS (brand parfum Indonesia), dan dilanjutkan dengan Konferensi Pers.


Dalam konferensi pers, hadir narasumber:

  1. Gianita Kadarisman (Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji)
  2. Claudia Kaiser (Wakil Presiden Frankfurt Book Fair)
  3. Fetty Kwartati (Direktur Utama PT Sarinah (Persero))
  4. Handayani (Direktur Bisnis Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)
  5. Erick Thohir (Menteri BUMN)
  6. Hari Wibowo (Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  7. Ricky Pesik (Dewan Pengawas JCCF)
  8. Fiki Satari (Ketua Umum ICCN)
  9. Leonard Theosabrata (Direktur SMESCO)
  10. Dr. Matthias Müller (Kepala Bagian Pers dan Kebudayaan Kedutaan Negara Jerman)

Penyelenggaraan kegiatan amal untuk Nggela dan dan Pre-Launch Manusia Harum dengan tajuk “Dari Jakarta untuk Nggela dan Dari Jakarta Menuju Paris Fashion Week sebagai Road to Sarinah ini merupakan implementasi dari semangat “Embracing Local Creative Movement”.
Nggela adalah desa adat di Flores, NTT yang pada tahun 2018 mengalami kebakaran. Kegiatan amal yang dibalut dengan fashion show dan lelang fashion koleksi Kami Latu x Batin yang diolah dari kain tenun karya ibu-ibu di Sesa Nggela ini bertujuan untuk memberikan dukungan pembangunan rumah adat yang terbakar dan pengembangan ekonomi masyarakat Nggela.

Sedangkan Manusia Harum (Ambarjanma), adalah kolaborasi Adraworld dengan HMNS, merek parfum Indonesia yang terinspirasi dari situasi kebingungan yang diciptakan oleh banyaknya berita palsu yang tarafnya sudah sampai pada merusak. Di dalam Manusia Harum ini, HMNS membuat revolusi dalam wewangian dengan menciptakan impossible scent dengan menghadirkan dua aroma parfum yang berbeda dalam satu kemasan yang penggunaannya pun perlu dikombinasikan dari dua aroma tersebut. Fashion kreasi Adra dan Manusia Harum akan hadir di Paris Fashion Week 2022.
“Kami berharap acara dan momen ini dipergunakan secara maksimal oleh para konten kreator lokal dan pemilik usaha kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari komunitas kami di mana wajah baru Sarinah ke depannya adalah menjadi Community Mall yang artinya bisnis Sarinah ke depan akan bergantung pada kreatifvitas dan keterlibatan komunitas. Sehingga wajah baru Sarinah nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan generasi milenial untuk belajar
dan menjadi community mall,” ujar Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah (Persero).

“PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sangat mendukung kesempatan yang mampu memberdayakan usaha ekonomi kreatif masyarakat. Inilah acara yang tepat di mana kami bisa mendorong pertemuan-pertemuan potensial bagi para pelaku UMKM untuk dapat berjejaring secara nasional maupun internasional. Kami berharap wajah baru Sarinah ke depan akan menggerakkan komunitas-komunitas masyarakat kreatif,” ujar Handayani, Direktur Bisnis Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Sebagai pemrakarsa kemunculan event Jaktent, kami sangat bangga bisa berkolaborasi
dengan banyak pihak terutama dengan PT Sarinah (Persero) dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dalam
kemunculan Sarinah Jakarta Content Week 2021. Dengan kolaborasi banyak pihak, kami dari Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair berharap momen Road to Sarinah ini berhasil menjadi titik tolak perjalanan teman-teman di industri kreatif untuk menampilkan konten-konten lokal itu di tataran global,” ujar Gianita Kadarisman (Direktur Eksekutif Yayasan 17000 Pulau Imaji).


“Sarinah telah lama menjadi bagian dari ekonomi kreatif yang membanggakan di Jakarta. Tentu saja kami sangat bangga menjadi bagian dari acara ini untuk menandai sejarah kemunculan wajah baru Sarinah yang ke depannya kami yakin akan lebih mampu memajukan ekonomi kreatif di Jakarta dan Indonesia,” kata Hari Wibowo (Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta).

Keseluruhan acara luring yang berlangsung dari 1-12 Desember 2021 di Sarinah ini masih
merupakan bagian dari Sarinah Jaktent 2021 yang telah berlangsung secara daring pada 10-14
November 2021 yang berhasil menggelar 170 acara dan akan menggelar 40 acara luring serta 8 acara daring pada Desember 2021 . Acara daring tersebut masih bisa dinikmati masyarakat dengan terlebih dahulu mendaftar melalui website www.jaktent.com hingga akhir Desember 2021.
Selama acara luring di Sarinah, masyarakat juga bisa menikmati segmen acara The Market
dan Icon yang menghadirkan kompetisi dan ajang cosplay.
Pada sesi The Market, ada 7 investor yang akan melakukan pitching session, seperti BRI Ventures, PT Badgerindo Investama Ganendra, Bali Investment Club, SF Fund, Sarinah, WGSHub serta Rekata Studio. Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam tenant non-F&B yang ada di Sarinah Jakarta Content Week 2021 antara lain Sarinah, BRI, Disparekraf, Kompas, Frankfurter Buchmesse, Goethe Institute, German Embassy in Jakarta, The Federal Foreign Office of Germany, Adra World, HMNS, Dcraft Indonesia, SSDJ, WMU Beauty, Connection.id, PT. Unimaksima Lentera Nusantara, PT. Digital Magna Nusantara, PT. Hellomotion Korpora Indonesia, PRR Jali Bags, dan PT. Miumosa Arta Mandiri.

Bagi yang ingin mencicipi beragam makanan menarik akan dimanjakan dengan deretan tenant F&B seperti Sari Pacific, Twalen, Kocil, Moja Coffee, dan CV Cimandala Makmur Sejahtera. [Adang]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *