Peserta Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) Terima Bekal Pengetahuan Dasar Hidros

Jakarta, topikonline.co.id – Peserta Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) Angkatan XVI TA 2022, menerima bekal pengetahuan dasar Hidro-oseangrafi (Hidros) di Gedung Serbaguna Markas Komando Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal),di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Senin (11/04).

Wakil Komandan Pushidrosal (Wadanpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., mewakili Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyambut kedatangan 21 personel siswa peserta Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) Angkatan XVI TA 2022 yang di Komandani oleh Komandan Detasemen Jala Mangkara (Dandenjaka) Kolonel Marinir Kresno Pratowo, S.E., M.M., M.Han., yang didampingi oleh Komandan Satuan Korps Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada I Kolonel Laut (E) Berny Haryanto, S.T., M.Tr. Hanla.

Dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Wadanpushidrosal, Danpushidrosal menjelaskan tentang tugas pokok TNI AL adalah melaksanakan tugas TNI Matra Laut di bidang pertahanan. Pushidrosal merupakan kotama operasi TNI dan juga sebagai kotama pembinaan TNI AL yang mempunyai tugas untuk melaksanakan pembinaan hidro-oseanografi dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun umum.

Kegiatan pembekalan pengetahuan dasar hidros yang dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu ini terhitung mulai tanggal 11-23 April 2022 akan dilaksanakan di dua lokasi yaitu untuk proses pembekalan pelajaran teori dilaksanakan di Pusdikhidros dan untuk proses pembelajaran praktek dilaksanakan di Pantai Jimbaran Ancol, Jakarta Utara.

Harapannya dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang survey dan pemetaan hidro dan oseanografi (Surta Hidros) guna mendukung pasukan khusus TNI AL dalam melaksanakan tugas pokoknya. Serta meningkatkan profesionalitas TNI Angkatan Laut.

Adapun ada beberapa sasaran yang akan dicapai dari pelaksanaan tersebut antara lain adalah prajurit mampu melaksanakan pengumpulan data hidros menggunakan peralatan terbatas dengan baik dan benar, mampu melaksanakan manajemen data hidros secara terbatas dengan baik dan benar. Mampu mengintreprestasi data sekunder (Spasial dan Non Spasial) dengan baik dan benar. Dan terakhir mampu membuat lembar lukis lapangan.

Danpushidrosal juga mengingatkan kembali bahwa kegiatan ini sangatlah penting, bukan hanya untuk diri para peserta pribadi tetapi juga sangat berguna bagi satuan kerja dimana para peserta berdinas. Oleh karenanya setiap kegiatan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, faktor keamanan dan keselamatan personel maupun material serta zero accident dalam setiap kegiatan.

Hadir pada kegiatan tersebut Inspektur Pushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Trismadi beserta perwakilan Pejabat Utama Pushidrosal. [Dispen/Adang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.