Perpusnas Bagikan 1.000 Buku Bacaan Bagi Warga Binaan Lapas Cipinang

Jakarta – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menyerahkan bantuan hibah buku kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, pada Selasa (4/10/2022), di Perpustakaan Asah Asih Asuh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur.

Pada kegiatan bertema “Serah Terima Bantuan Buku Siap Layan ke Perpustakaan Lapas” ini, Perpusnas RI menghibahkan sebanyak 500 judul buku / 1.000 eksemplar kepada Lapas Kelas I Cipinang.

Bacaan Lainnya

Menurut perwakilan dari Perpusnas RI, Awaludin Nursaleh kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Perpusnas RI yang bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat, khususnya bagi warga binaan di jajaran Pemasyarakatan.

“Kepentinganya sebenarnya dalam rangka meningkatkan budaya membaca untuk masyarakat khususnya warga binaan di lapas/rutan, ini dasarnya ada MoU antara Perpusnas dengan Kemenkumham yang ditandatangani oleh Bapak Menteri dan Kepala Perpusnas beberapa tahun yang lalu,” jelasnya.

Menanggapi penjelasan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Lapas Kelas I Cipinang, Aldikan Nasution, menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan hibah buku yang telah diberikan oleh Perpusnas RI.

“Kegiatan ini menjadi hal yang dirindukan bagi warga binaan, seperti yang kita tahu bahwa membaca adalah salah satu kegiatan rekreasi bagi warga binaan selain olahraga dan kegiatan lain. Dengan bantuan dari Perpusnas ini tentunya sangat membantu kami. Hal ini juga dapat memotivasi warga binaan untuk lebih giat membaca, sehingga warga binaan tidak vakum melakukan kegiatan. Kami menghaturkan terima kasih kepada pihak Perpusnas RI,“ tambah Aldikan.

Selain itu Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan (Kasi Bimpas) Angki Setyo A juga menyampaikan apresiasinya. “Kami ucapkan terima kasih kepada Perpunas RI atas bantuan buku ini, akan sangat bermanfaat dan ini bagian dari upaya kita dalam meningkatkan minat membaca bagi para warga binaan,” sambungnya.

Masih di tempat yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan penyerahan buku secara simbolis oleh kedua belah pihak.

Adanya bantuan buku ini juga mendapat tanggapan baik oleh para warga binaan Lapas Kelas I Cipinang, salah satunya warga binaan bernama Ilmi yang mempunyai hobi membaca menuturkan bahwa dengan bertambahnya koleksi buku perpustakaan di Lapas kelas I Cipinang membuatnya bertambah semangat untuk membaca.

“Saya menjadi semakin tertarik untuk membaca, dikarenakan banyak bahan-bahan bacaan baru yang tersedia sehingga saya tidak bosan,” ujarnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.