Pelajar SMK Perjuangan Depok Ikuti Penyuluhan Cegah Difteri

DEPOK – ​Puluhan pelajar SMK Perjuangan mengikuti penyuluhan kesehatan mengenai penyakit difteri di aula sekolah, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jumat (9/11/2018). Penyuluhan ini dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 0508/Depok.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 80 pelajar ini, menghadirkan nara sumber Windra Aryeni, petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Dalam pemaparannya Windra menjelaskan apa yang dimaksud dengan penyakit difteri dan bagaimana cara mengantisipasinya.

“Difteri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphtheriae, yang ditandai adanya peradangan, terutama pada selaput bagian dalam saluran pernapasan bagian atas, hidung dan juga kulit,” kata Windra.

Menurutnya, penyakit difteri sangat mudah menular dan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Karena itu, kata dia, para pelajar disarankan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, baik dilingkungan rumah maupun sekolah, agar terhindar dari difteri.

“Diantaranya mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat,” ujar Windra.

Penyuluhan tentang difteri mendapatkan respon yang sangat baik dari guru dan pelajar SMK Perjuangan.

“Kami merasa senang, dengan adanya giat TMMD ini, pengetahuan para pelajar kami bertambah, sehingga mereka dapat mengantisipasi penyakit difteri,” tandas Kepala sekolah SMK Perjuangan Agus Tri. frynang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *