Pangkogabwilhan III Dampingi Kepala KSP Kunjungi Biak Komunikasikan Percepatan Pembangunan Papua

Biak – Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa mendampingi Kepala Kantor Staf Kepresidenan RI (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, melakukan peninjauan kelapangan dan diskusi (FGD) tentang persiapan rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023, bersama Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, dan Forkopimda Provinsi Papua, Senin (30/5/2022).

Adapun kunjungan tersebut dengan agenda pengendalian dan mengelola isu-isu strategis, program prioritas Nasional, baik isu ekonomi, Hankam dan komunikasi politik serta melakukan pertemuan dan diskusi sejumlah pihak terkait di Papua.

Bacaan Lainnya

“Kunjungan ini sebagai tindak lanjut sejumlah rencana percepatan pembangunan yang selama ini kami komunikasikan ke pemerintah pusat mengenai program-program strategis kemajuan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor,” ujar Herry Ario Naap.

Hal senada Kepala KSP Moeldoko mengatakan, “Kunjungan saya hari ini atas perintah Presiden untuk melihat secara langsung betapa besarnya potensi Papua khususnya wilayah Biak, bahwa potensi yang ada harus menjadi kekuatan bukan hanya menjadi narasi, secara Geopolitik dan Ekonomi,” tambahnya.

Dijelaskan Moeldoko, ada empat agenda strategis Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan kesejahteraan Papua, khususnya di wilayah adat Seireri, yaitu Pembangunan Potensi Perikanan beserta Sarpras dan Infrastruktur pendukung, Pembangunan Bandara Antariksa, Pembangunan Ekonomi Lokal, dan Agenda Internasional Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Untuk memastikan agenda-agenda strategis Presiden Joko Widodo tersebut berjalan, Moeldoko menekankan pentingnya kolaborasi seluruh lini, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan jajaran TNI-Polri.

Dengan menggunakan pesawat CN 235 AI-2317 Skadron Udara 27, Moeldoko melihat langsung lokasi -lokasi strategis untuk pengembangan potensi kelautan dan perikanan serta pengembangan kekuatan pertahanan keamanan yang mendukung terlaksananya pembangunan kesejahteraan Papua.

Sementara itu Pangkogabwilhan III mengatakan sesuai Printah Panglima TNI, bahwa TNI siap mengawal Program Pemerintah sesuai amanat Inpres No 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua.

“Kami akan kerahkan semua kemampuan TNI jajaran Kogabwilhan III bersinergi dengan Polri dan Pemda untuk memberikan dukungan keamanan dan membantu pelayanan masyarakat baik dibidang Pendidikan, Ekonomi dan Kesehatan khususnya di wilayah pedalaman, terjauh dan pulau-pulau terluar serta melaksanakan Komunikasi Sosial kepada tokoh-tokoh dan masyarakat dalam rangka membuat lompatan percepatan pembangunan dan mendukung pemerintah, khususnya dalam waktu dekat ini ada Agenda Internasional yaitu Sail Teluk Cenderawasih 2023,” tegas Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.