Mulai Terapkan Konsep Presisi, Kapolri Jumpai Ketua MA Bahas Tilang Elektronik

Jakarta – Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melanjutkan rangkaian silaturahmi kepada pejabat tinggi negara usai resmi dilantik sebagai Kapolri.

Kali ini, Jenderal Pol Listyo Sigit berkunjung ke Mahkamah Agung (MA) untuk menjumpaivKetua MA Muhammad Syarifuddin. Sebagai sesama Aparat Penegak Hukum (APH) banyak hal yang dibicarakan dan didiskusikan dalam pertemuan itu.

“Banyak hal yang kami bicarakan dan diskusikan, antara lain beberapa program yang akan Polri laksanakan ke depan terkait dengan masalah tilang elektronik,” kata Kapolri di Mahkamah Agung, Jakarta, Selasa, (2/2).

Menurut Listyo Sigit, program tilang elektronik yang dicanangkan oleh dirinya sebagai Kapolri tentunya memerlukan penyesuaian-penyesuaian.

“Tilang elektronik yang tentunya merubah pola, yang biasanya dilaksanakan menggunakan sidang kemudian saat ini berubah menjadi langsung diputuskan di dalam sistem elektronik tersebut, sehingga perlu ada penyesuaian-penyesuaian,” jelas jenderal bintang empat jebolan Batalyon Bhara Daksa Akpol 1991 melanjutkan.

Tidak hanya itu, masih terus Listyo Sigit, bersama dengan ketua MA, dia juga membicarakan pengembangan pelayanan terpadu yang berkaitan langsung dengan pelayanan kepada publik. Misalnya, informasi proses hukum baik di kepolisian, kejaksaan hingga ke pengadilan dengan memanfaatkan sistem aplikasi bersama.

Dengan begitu, Listyo Sigit mengatakan, penegak hukum tidak perlu lagi interaksi langsung dengan masyarakat sebagai bagian dari pencegahan rantai penularan Covid-19.

“Karena terkait dengan situasi Covid sehingga proses-proses penegakan hukum yang tentunya harus perlu ada interaksi langsung kemudian bisa dihindari dengan memanfaatkan sistem virtual ataupun daring, ataupun online,” paparnya menutup pernyataan.

Tilang elektronik merupakan upaya Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk memperbaiki citra Polri. Salah satunya yakni menghilangkan tindak langsung atau biasa disebut dengan tilang.

Ke depan, Listyo Sigit akan sepenuhnya menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di seluruh Indonesia. bem

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *