Kepala Operasi Damai Cartenz : Atasi Konflik Papua Bukan Dengan Senjata

JAYAPURA – Kepala Operasi Damai Cartenz-2022 Kombes Pol Muh. Firman Noersyah melakukan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) Program Kasuari (Kesejahteraan untuk anak negeri) antara Satgas Operasi Damai Cartenz-2022 dengan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Propinsi Papua Semuel Siriwa, di kantornya, Jayapura, Papua, Senin (25/4/2022).

“Permasalahan yang ada di Papua tidak harus diselesaikan dengan cara angkat senjata namun cukup dengan menggunakan strategi saling bekerja sama membantu masyarakat yang ada di Pegunungan Tengah dengan memberikan pendampingan pelatihan dan keterampilan dalam mengelola potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya yang ada di pegunungan tengah Papua,” ujar Kombes Pol Muh Firman.

Bacaan Lainnya

Firman optimis dengan menggunakan pendekatan preventif, preemtif dan selalu mengedepankan kearifan lokal sehingga bisa masuk dan diterima di hati masyarakat Papua. Dengan konsep seperti ini, katanya, program Satgas Bimas Noken Operasi Damai cartenz-2022 akan menjadi langkah awal untuk memperkuat dan memberdayakan potensi sumber daya yang ada ada di Papua baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Setelah kita lakukan evaluasi dan pendataan, lanjut Firman, kita berharap dapat membuat perencanaan pembangunan wilayah sesuai dengan kebutuhannya. “Orang asli Papua harus bisa. Jangan terpuruk, mereka harus bisa mengelola potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di wilayahnya,” tegasnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.