Kasdim 0505/JT Saksikan Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Jaktim

Jatinegara – Kasdim 0505/Jakarta Timur Letkol Inf Ali Cahyono, turut serta menyaksikan pemusnahan Barang Bukti dari perkara Tindak Pidana Umum dan tindak Pidana Khusus, di halaman kantor Kejaksaan Negeri Jakarta timur Jln. D.I Panjaitan No.1 Bypass Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022).

Pemusnahan barang bukti tindak Pidana Umum dan tindak Pidana Khusus, Kejaksaan Negeri Jakarta Timur melakukan Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum dan Tindak Pidana Khusus sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Tindak Pidana Terorisme yang terdiri dari 57 (lima puluh tujuh) perkara yaitu memusnahkan barang bukti berupa sejata api rakitan, airsoftgun, golok, pisau, pedang. celurit, parang, Kerns, panan, Duku-DuRu, dan alat elektronik yaitu berbagai merk handphone, laptop, dan handycam.

Tindak Pidana Narkotika yang terdiri dari 239 perkara dan memusnahkan barang bukti berupa ganja dan tembakau sintetis seberat 3,6 kilogram, sabu-sabu seberat 1,2 kilogram dan berbagai macam alat hisap narkotika seperti bong, pipet, korek api gas, dan lain-iain, serta alat elektronik yaitu handphone dan timbangan digital.

Tindak Pidana Obat Kosmetik tanpa izin edar (Kesehatan) yang terdiri dari 2 (dua) perkara yaitu memusnahkan 912 dus obat-obatan dari berbagai merk, 96.134 pcs masker (kosmetik).

Tindak Pidana Cukai yang terdiri dari empat perkara yaitu memusnahkan barang bukti berupa rokok tanpa dilengkapi pita cukai sebanyak 855.560 batang.

Selain Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Walikota Hendra Hidayat, Kapolres Metro Jakarta Timur di wakilkan Kasat Narkoba AKBP Agung Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Ardito Muwardi, Kepala BNK Jaktim Hendrajit, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur dan Instansi terkait lainnya.

Selanjutnya kegiatan pemusnahan barang bukti secara simbolis secara bersama-sama dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur melakukan pemusnahan dengan cara membakar didalam tong yang sudah disediakan dengan menggunakan obor, sementara barang bukti ganja/Sabu dimusnahkan di oven.

Ardito Muwardi mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan dari perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (Inkracht) tindak pidana umum, dari gelar perkara Januari 2022 hingga Juni 2022. “Pelaksanaan pemusnahan Barang Bukti (BB) merupakan kasus Tindak Pidana Umum ini dilaksanakan untuk memberikan informasi secara tranparan dari Kejaksaan serta untuk menghindari penyalaggunaan Barang Bukti yang tersimpan di gudang,” ujarnya.

“Untuk mewujudkan serta mengurangi penyalahgunaan Narkotika perlu adanya kerjasama antar Unsur FORKOPIMKO, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat sehingga generasi muda bangsa khususnya wilayah Jakarta timur bersih dari pengguna maupun pengedar Narkotika , semua ini dilakukan demi mewujudkan Indonesia yang maju, sehat dan unggul,” tambah Ardito.

Letkol Inf Ali Cahyono menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi jajaran Kajari dan Polres Metro Jakarta Timur tentunya dalam hal memberantas pengguna maupun pengedar narkoba.

“Saya mengapresiasi kinerja jajaran Kajari Jakarta timur, kami dari Kodim 0505/JT sangat mendukung segala upaya yang dilakukan terutama dalam hal memerangi narkoba, karena narkoba dapat merusak Phisik dan mental generasi muda bangsa,” tegasnya. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.