Inovasi Swasembada Beras, Pangkogabwilhan III Apresiasi Serka Adrian Manulang Dari Korem 174/ATW

Merauke – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, memberikan apresiasi kepada Serka Adrian Manulang anggota Korem 174/Anim Ti Waninggap yang telah berinovasi membantu kesulitan masyarakat kelompok tani di wilayah Kabupaten Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa bersama rombongan yang didampingi Kasrem 174/ATW Merauke Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia dan Kasiter Korem 174/ATW Letkol Inf Lambert J. Mailoa serta Kepala Distrik Tanah Miring saat meninjau langsung lahan tanaman padi yang sedang di panen dan tatap muka dengan Gabungan  Kelompok Petani (Gapoktan) Millenial Distrik Tanah Miring, di tempat penggilingan beras ‘Anak Medan’, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (25/7/2022).

Bacaan Lainnya

Ketua Gapoktan Millenial Distrik Tanah Miring, Aceng Budi saat bertatap muka dengan Pangkogabwilhan III Letjen I Nyoman Cantiasa beserta rombongan menyampaikan terima kasih atas kunjungannya.

Kepada rombongan, Aceng Budi menyampaikan panjang lebar bahwa sebelum adanya inovasi dari Serka Adrian Manulang, masyarakat petani mengalami banyak kendala terutama mengenai kualitas beras setelah panen, hasil panen maupun harga beras para petani yang mengalami pasang surut sehingga petani banyak mengeluh tentang hal tersebut.

Hal ini disebabkan karena cuaca di Merauke tidak menentu dan pengolahan hasil panen padi para petani masih bersifat manual terutama dalam hal pengeringan gabah yang membutuhkan musim panas dan waktu pengeringan yang cukup lama bahkan berhari hari serta hasil beras setelah digiling kualitasnya rendah karena biji padi kuning dan mudah patah.

Namun berkat inovasi Serka Adrian Manulang dengan membuat Bedhidrayer (alat pengering padi) dan penyiapan tempat pengeringan serta penggilingan padi, solusi permasalahan para petani dapat diatasi. Kualitas beras Merauke saat ini sangat baik dan pemasarannyapun sudah dilakukan sampai ke daerah-daerah di luar Kabupaten Merauke.

Beras para petani saat ini sudah bisa bersaing diluar kabupaten dan tidak terkendala lagi dalam hal kualitas dan pemasaran beras karena harga beraspun jadi stabil berkat adanya peralatan dan tempat penggilingan serta penampungan hasil panen padi masyarakat yang diakomodir oleh Serka Adrian Manulang.

Masyarakat tidak perlu lagi bingung dan ragu dengan proses pengolahan usai panen dan pejualan yang selama ini harga beras tidak stabil karena sudah ada yang menjamin baik kualitas maupun harga pemasaran.

Pada kesempatan itu, Pangkogabwilhan III Letjen Nyoman Cantiasa menyampaikan kepada Gapoktan yang hadir agar tetap koordinasi dengan Babinsa apabila ada kendala. Para Babinsa yang berada di jajaran Korem 174/ATW selalu siap melakukan pendampingan terhadap para petani dalam rangka mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan dan meningkatkan hasil pertanian yang berada di wilayah Kabupaten Merauke.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Serka Adrian Manulang yang telah berinovasi dalam pembuatan bengkel alsintan dan alat pengering padi dengan sistem indirect, sehingga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan mutu dan kualitas beras yang berada di wilayah Kabupaten Merauke.

Usai tatap muka, Pangkogabwilhan III Letjen Nyoman Cantiasa melaksanakan foto bersama Gapoktan dilanjutkan melaksanakan ibadah bersama warga yang beragama Hindu di Pura Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke. Selanjutnya rombongan menuju Bandara Mopah Merauke untuk melanjutkan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Mimika.

Turut hadir pada kegiatan ini yaitu Wakil Bupati Merauke H. Riduwan dan jajaran Pemkab serta Forkopimda Merauke, Kasrem 174/ATW dan para Kasi Korem 174/ATW, Danlanud J.A Dimara Merauke Kolonel Pnb. Ferry Yunaldi, Danlantamal XI/Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, serta Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Muh. Rois Edy Susilo. *ferry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *