Gelar Adat Ke 8, LAM Jambi Jadikan Kasad Jenderal Dudung Sebagai Datuk

Jambi – Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Jambi, H. Hasan Basri Agus memasangkan Lacak, Kain Songket dan menyematkan Pin serta Keris kepada Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sebagai penanda diberi gelar Datuk dan dinobatkan menjadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu Jambi.

Adapun pemberian gelar adat ke delapan bagi Kasad itu digelar pada acara tatap muka dan silaturahmi Kasad dengan Forkopimda serta Tokoh Masyarakat Provinsi Jambi, di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (18/7/2022).

Bacaan Lainnya

“Dengan penganugerahan Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu Jambi ini, maka Jenderal Dudung menjadi Datuk tempat berlindung serta menjadi pengasuh dan pembimbing dari seluruh anak negeri terutamanya masyarakat Jambi,” ujar Ketum LAM Jambi H. Hasan Basri Agus dalam sambutannya.

Kasad Jenderal Dudung menyampaikan apresiasi atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan. “Dengan anugerah dan gelar Datuk ini, semoga menjadikan saya untuk lebih semangat memberikan pengabdian terbaik dalam membela bangsa dan menjadi pemimpin yang berani dalam mengambil keputusan,” tambahnya.

Dudung juga mengajak semua komponen bangsa yang ada di Jambi untuk menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan berlandaskan Pancasila, terutama mencegah terjadinya konflik komunalistik yang sengaja dibuat untuk mengganggu stabilitas nasional.

“Apabila ada hal-hal atau pihak-pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, mari kita bersama-sama bertindak dan bersikap tegas karena kita negara yang bersatu dengan landasannya NKRI, tiangnya persatuan dan kesatuan, serta atapnya kebhinnekaan. Inilah yang harus kita jaga bersama untuk mewujudkan negara Indonesia yang berdaulat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jambi, H. Al Haris menjelaskan, pemberian gelar Datuk ini sebagai bentuk penghargaan dari masyarakat Jambi atas kedatangan Kasad Jenderal Dudung yang didampingi Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan ke Provinsi Jambi.

Menurut Al Haris, kunjungan kerja Kasad diyakini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama dalam hal ketahanan pangan, pencegahan dan penanganan karhutla serta stunting di Jambi.

“Semangat luar biasa yang dibawa Jenderal Dudung ke Jambi ini, hendaknya menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih giat lagi membangun dan menyejahterakan masyarakat Jambi,” pungkasnya. *fernang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.