Ekspor 2022 Capai Rp658 T, Pemerintah Bagikan Penghargaan Pembangunan Pertanian

Topikonline.co.id – Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menyematkan penghargaan Adhikarya Utama Pembangunan Pertanian kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PanRB) Abdullah Azwar Anas, di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2023).

K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, penghargaan ini diberikan atas kontribusi keduanya dalam mendukung sektor pertanian melalui pembangunan infrastruktur. Ia juga menyampaikan terima kasih atas segenap sinergi, kolaborasi, dan kontribusi nyata Kementerian/Lembaga serta pemerintah daerah dalam mendukung produksi pertanian di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Berbagai capaian pembangunan pertanian tidak lepas dari sumbangsih dan curahan energi dari bapak-bapak dan ibu-ibu. Sarana infrastruktur seperti jaringan irigasi, waduk, jalan dan jembatan serta berbagai sarana penunjang lainnya telah didukung melalui Kementerian PUPR,” ujar Ma’ruf.

Sementara penghargaan kepada Menpan RB, lanjut Ma’ruf, diberikan atas kontribusinya dalam penguatan sumber daya penyuluh pertanian dan transformasi kelembagaan pertanian.

Ma’ruf Amin berharap dengan di berikannya penghargaan ini menambah motivasi, menginspirasi dan melipatgandakan semangat para pejuang pertanian, mujahid pertanian, untuk terus bekerja keras meningkatkan produktivitas pertanian.

“Semoga penghargaan ini menambah motivasi, menginspirasi, dan melipatgandakan para pejuang pertanian untuk terus bekerja keras meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani serta membangun ekosistem pertanian semakin baik dan memperkokoh sinergi dalam mengatasi aneka tantangan pembangunan pertanian,” tandas Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa capaian pembangunan pertanian dapat berhasil berkat peranan pemerintah pusat dan daerah sehingga diperlukan apresiasi atas upaya dan kerja keras para pemangku kepentingan pada sektor pertanian.

“Sebagai wujud apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada para pihak yang selama ini sudah membuktikan dedikasi, kerja keras, curahan tenaga, pikiran, dan waktunya untuk menyukseskan pembangunan pertanian di negara kita,” tambah Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Untuk diketahui, sepanjang 2022-2023 sektor pertanian mampu mencukupi suplai beras bagi penduduk di Indonesia. Ini ditunjukkan dengan adanya produksi beras pada 2022 yang tercatat lebih baik dari 2021, yaitu mencapai 31,5 juta ton. Sedangkan pada tataran makro, sektor pertanian tumbuh positif secara konsisten dengan jumlah ekspor produk pertanian pada 2022 berkisar Rp658 triliun.

Selain kedua menteri diatas, penghargaan Adhikarya Nararya Pembangunan Pertanian juga diberikan kepada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB Nanik Murwati, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan RB Alex Denni, serta Plt Dirjen Sumber Daya Air Kemenpupr Jarot Widyoko.

Sementara penghargaan Adhikarya Nararya juga diberikan kepada kepala daerah yaitu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi,

Selain itu, diberikan pula Penghargaan Adhikarya Pratama kepada Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Bupati Banyuasin Askolani, Bupati Indramayu Nina Agustina, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Pj. Bupati Barito Kuala Mujiyat, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. *fery

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *