Dukung Upaya Swasembada Beras dan Ketahanan Pangan, Pangkogabwilhan III Letjen Nyoman Cantiasa Temui Poktani Merauke

Merauke – Dalam upaya turut mendukung program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan, Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, bertemu langsung dengan para petani, di Kampung Waninggap Miraf, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (25/7/2022).

Kunjungan Pangkogabwilhan III tersebut sejalan dengan program pemerintah yang sedang gencar digalakkan sesuai Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan di wilayah Papua dan Papua Barat serta ditindaklanjuti dengan Perintah Panglima TNI.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tatap muka dengan para poktani tersebut, Pangkogabwilhan III memberikan *“Suntikan* semangat kepada para petani agar tercipta Swasembada Beras dan Upaya Ketahanan Pangan di wilayah Merauke khususnya dan Papua pada umumnya.

“Bapak-bapak telah menjadi pahlawan pangan, semua orang didunia butuh makan dengan bahan pokok beras dan untuk wilayah Papua, Merauke merupakan lumbung padi dan penghasil beras terbesar, maka jangan pernah lelah untuk melanjutkan tugas dan profesi sebagai petani, saya sudah ketemu beberapa Bupati di Papua ini bahwa kebutuhan Beras, pasar di Papua ini harus cukup disiapkan dari Merauke saja sehingga kita tidak perlu mengirim beras dari luar Papua karena kita sudah mandiri bahkan kita bisa jual kirim keluar Papua,” ujar orang nomor satu di Kogabwilhan III tersebut.

“Dalam situasi dinamika Globalisasi dan dampak akibat Perang Ukraina-Rusia maka krisis pangan menjadi perhatian dan masalah di dunia. Ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi kita harus kuat, kalau ketahanan pangan kita lemah, rapuh maka ketahanan nasional, pertahanan negara juga terganggu dan bahkan hancur karena warga negaranya tidak makan, kelaparan karena krisis pangan tadi. Nah bapak-bapak semua para petani adalah pahlawan pangan karena beras yg membuat adalah para petani,” tambah Cantiasa.

Para petani merasa sangat terhormat dan bangga dengan Pangkogabwilhan III, karena dapat bertemu langsung dengan perwira berpangkat bintang tiga dan memberikan semangat dan pencerahan masa depan para petani sebagaimana yang disampaikan Aceng Budi selaku Ketua Gapoktan ketika sesi tanya jawab.

“Hari ini sangat istimewa dan bangga, karena kita para petani ini dapat bertemu dengan bintang tiga dan moga-moga nanti dapat bertemu lagi dengan bintang empatnya, sebagai petani kami bangga bapak mau melihat kami, memberikan motivasi terlebih lagi puji syukur kami kepada Tuhan yang maha kuasa karena bapak TNI telah membantu kami khususnya Babinsa bapak Ardian Manulang telah membantu mengatasi kesulitan kami dalam bertani dengan menciptakan alat Rice Miling Unit dan juga kedepan TNI khususnya Korem 174/ATW akan membantu bersama-sama mengembangkan perkebunan jagung di wilayah Merauke untuk bahan makan ternak,” ujar Aceng.

Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan III juga memberikan apresiasi kepada Babinsa Kodim Merauke Serka Ardian Manulang yang telah mampu mengolah potensi ketahanan pangan di wilayah Merauke dengan baik, dimana telah menciptakan rekayasa teknologi tepat guna berupa Rice Miling Unit, untuk menciptakan solusi bagi para petani dalam mengatasi kendala musim hujan pada tahap proses pengeringan padi (Pasca Panen), hal ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat. *fer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.