Ditlantas Polda Metro Siapkan Rest Area Khusus Pemudik dengan Sepeda Motor

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Jakarta – Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan lokasi peristirahatan alias rest area khusus bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor menuju Jawa dan Sumatera.

“Ada tempat untuk isi bensin, ada tempat untuk istirahat sebentar,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/4).

Diperkirakan 17 juta orang menggunakan sepeda motor untuk mudik. Meski tidak ada larangan penggunaan sepeda motor untuk mudik, namun polisi mengimbau para pemudik menggunakan kendaraan roda empat atau umum.

“Kami mengimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena berbahaya tapi tentu tidak bisa kita elakkan,” ujarnya.

Sambodo mengatakan, pos rest area bagi pemudik sepeda motor ini berada di Jatiuwung, Tangerang, dan Kedungwaringin, Bekasi. Ia juga melarang truk berukuran besar melintas di jalur arteri seminggu jelang Lebaran.

Truk angkutan berat sumbu 3 ke atas tidak diperbolehkan melintas ya. Itu tidak diperbolehkan melintas pada H-7 Lebaran sesuai dari surat edaran Kemenhub dan itu semuanya berhenti. Kecuali yang angkut sembako dan BBM,” Sambodo menuturkan.

Ia juga meminta tiap pemudik tetap mengikuti aturan lalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan (proses) . Pasalnya, diprediksi ada kenaikan mudik tahun ini dibanding pada 2019.

“Naik antara 10-15 persen dibanding dengan mudik tahun 2019,” ujarnya. bem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.