Aktual dan Terpercaya
Indeks
Metro  

Samsat Jakarta Barat Terus Meningkatkan Mutu Layanan

TOPIKONLINE.CO.ID – JAKARTA: Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat, terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan perbaikan mutu pelayanan.

Harap maklum, waktu luang masyarakat Jakarta terbilang sedikit, sehingga tak punya banyak waktu untuk mengantri ketika membayar pajak kendarannya di gerai Samsat Jakbar

Karena itulah, Inovasi dan perbaikan mutu pelayanan di Samsat Jakarta Barat berorientasi pada proses penyelesaian berkas yang tidak lagi memakan waktu berjam-jam.

“Kami selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan, diantaranya proses lebih cepat, tidak mempersulit, memberikan solusi, dan humanis/ ramah kepada wajib pajak,”ujar AKP Yuli Wrastiyarini Kanit Samsat Jakarta Barat baru-baru ini.

Menurut AKP Yuli peningkatan mutu pelayanan Samsat Jakarta Barat menjadi bukti nyata bahwa pelayanan publik di sektor perpajakan kendaraan bermotor bisa lebih cepat, dikarenakan pelayanan selalu berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Satu hal yang dapat dirasakan wajib pajak adalah kecepatan pelayanan. Sebut saja misalnya, proses pembayaran pajak kendaraan tahunan, kini hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit, mulai dari pengambilan nomor antrean, verifikasi dokumen, hingga pencetakan STNK, semua dilakukan dengan sistem yang terintegrasi.

”Saat membayar pajak kendaraan, saya melihat ada perubahan kecepatan waktu yang signifikan, dalam proses perpanjang STNK,”ungkap Pak Nirwan usai membayar pajak kendaraannya di Samsat Jakarta Barat, Selasa 22 April 2025.

“Prosesnya cukup cepat tidak antri, komunikasi petugas ramah dan proaktif memberikan penjelasan,” tambah Pak Nirwan.

Pria paruh baya warga Kalidres Jakarta Barat ini berharap, kecepatan pelayanan Samsat Jakarta Barat, kiranya dapat dipertahankan demi kepuasan wajib pajak.

Sebagaimana diketahui, kecepatan pelayanan di Samsat Barat tidak lepas dari pemanfaatan teknologi digital dalam pengolahan data dan manajemen antrean. Sistem antrean elektronik (e-queue) dan loket pelayanan berbasis komputerisasi membuat alur kerja menjadi lebih sistematis dan menghindari penumpukan antrean.

Inovasi lainnya, yang dapat memudahkan masyarakat adalah layanan Samsat Digital dan Samsat Drive Thru. Warga Jakarta kini dapat membayar pajak kendaraan melalui aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) tanpa harus datang langsung ke kantor Samsat Jaksel. Setelah proses pembayaran selesai, dokumen bisa dikirim langsung ke rumah atau diambil di loket.

Pelayanan Samsat Jakarta Barat juga terlihat semakin akuntabel, manakala Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian serta Jasa Raharja, untuk menindak tegas segala bentuk pungutan liar dan praktik percaloan.

“Setiap petugas Samsat kini dilengkapi dengan tanda pengenal yang jelas, serta diawasi melalui kamera pengawas,” ujar AKP Yuli.

Samsat Jakarta Barat juga menyediakan papan informasi tarif resmi yang terpampang jelas di setiap loket. Hal ini untuk memastikan masyarakat tahu hak dan kewajibannya, serta mencegah potensi penyimpangan. (Iwan)