Subdit Siber Polda Metro Bongkar 105 Aplikasi Pinjol Ilegal

  • Whatsapp

Semanggi – Subdit IV Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil membongkar komplotan fintech yang menjalankan pinjaman online ilegal dari 105 aplikasi ilegal.

Dalam pengungkapan tersebut diamankan 13 tersangka, dari 5 lokasi, di antaranya di Ruko Kelapa Gading, Indotekno Nusantara, Ruko Karet Pasar Baru, di Tanah Abang, dan Kelapa Dua, Tangerang Selatan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Supervisor telemarketing pinjol ini menawarkan produk app pinjaman online. Masyarakat yang meminjam Rp1 juta, dalam jangka waktu seminggu pinjamannya bisa berbunga hingga mencapai Rp50 juta. Selanjutnya Hrd merekrut desk collection, untuk menagih warga peminjam.

“Berdasarkan laporan masyarakat, banyak yang resah dengan adanya kegiatan pinjol yang dampaknya sangat terasa ke masyarakat bahkan berujung kematian bunuh diri di beberapa tempat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, di Mapolda Metro, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Yusri menjelaskan, penagihan dilakukan dengan ancaman bahkan ada foto konsumen yang dicrop dan dijadikan satu gambar asusila, kemudian dikirimkan kepada seluruh kontak yang ada di hpnya.

“DC juga menelepon disertai dengan ancaman kepada yang bersangkutan, dan mengatakan ada kasus atau dpo dengan kami jadi segala macam. Bahkan ada langsung ke pimpinan perusahaannya,” kata Yusri didampingi Direktur Reskrimsus Polda Metro Kombes Pol Auliansyah Lubis, Kasubdit IV Tipid Siber Reskrimsus Kompol Rovan Mahenu.

Atas perbuatannya para tersangka dikenakan pasal UU ITE, UU Perdagangan dan KUHP. *fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *