Danrem 061/SK bersama Forkopimda Kota Bogor dan Habib Luthfi Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

Bogor – Komandan Korem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus tasyakuran HUT TNI ke-76 tahun 2021, di Balai Kota Bogor, Rabu (20/10/2021).

Kepada wartawan, Achmad Fauzi mengatakan, Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Menurutnya, kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

“Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad,” ujarnya, usai kegiatan.

Acara tersebut dihadiri lebih kurang 50 orang yang diantaranya Habib M. Luthfi Ali Yahya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Danlanud Atang Sanjaya Marsma TNI Fachrizet, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, Kapolresta Bogor Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Habib Abdullah, Habib Hasan Alatas, Habib Faisal.

Sementara dalam sambutannya, Danrem 061/SK menyampaikan, peringatan Nabi Muhammad ini adalah sebagai bukti bagaimana bangsa ini menjunjung tinggi Rasulullah sebagai role model kehidupan. Dan tentunya peringatan seperti ini juga untuk menguatkan tali ikatan hati kita kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dapat menuntun kita agar mengikuti jejak beliau dalam bertindak dengan sesama, memimpin umat dengan segala perbedaannya, dan menjadi abdi Tuhan untuk melayani manusia. Peringatan seperti ini, juga khas kekuatan bangsa kita yang meriah dan tidak ada yang bisa menandingi di dunia. Mungkin itu juga yang membuat bangsa ini sering disebut sebagai bangsa yang paling mencintai rosulnya,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Fauzi juga mengajak hadirin melantunkan Sholawat Badar bersama-sama, yang mana maksudnya adalah untuk mengingatkan bahwa itu adalah salah satu contoh kebesaran seorang Nabi. “Lirik Sholawat Badar diciptakan oleh ulama asli Indonesia pada tahun 1962. K.H Ali Mansyur Siddiq. Liriknya tidak hanya menjadi milik Indonesia tetapi mendunia,” tandasnya.

Adapun acara tersebut diawali dakwah yang disampaikan oleh KH. Yasir dari Ponpes Bakom Habib M.Luthfi Ali Yahya selaku penceramah dan berpesan bahwa umat manusia terutama umat Islam harus selalu ingat dengan sejarah dan selalu menjadi Patriot yang mencintai NKRI.

Saat yang sama, Bima Arya berharap, “Dengan peringatan maulid nabi ini semoga kegembiraan kita sebagai umat Muhammad SAW, dan pengharapan kita atas syafaat beliau dapat menjadi wasilah diangkatnya berbagai kesulitan kita dan digantikannya segala cobaan yang sedang dihadapi bangsa ini dengan ketentraman, kesejahteraan, kesehatan dan kejayaan bangsa dan agama kita,” pungkasnya. *fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *