Survei LPMM, Airlangga Capres Milenial 2024

  • Whatsapp

Jakarta – Airlangga Hartarto ketua umum Partai Golkar menduduki peringkat teratas dalam survei Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM), yang dilakukan Selasa (19/10/2021).

Survei LPMM dilakulan terhadap Partai Politik (Parpol) dan Tokoh – Tokoh Bakal Calon Presiden (Capres) 2024-2029 di era Pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Keterpilihan Airlangga Hartarto, menurut survei, terbukti dengan kepemimpinan Airlangga sebagai Ketum Partai Golkar telah membawa partainya masuk kedalam peringkat kedua sebagai partai politik yang diminati kaum milenial.

Chief Executive LPMM Andrian Indra mengatakan, untuk urutan pertama adalah Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling memiliki tingkat keterpilihan tertinggi oleh Generasi Z dan Y dengan 18,2 persen.

Hal ini terkorelasi dengan jawaban 2.140 responden yang menyatakan sebanyak 80,8 persen menyatakan kebijakan, kinerja dan sepak terjang yang dilakukan oleh Airlangga dalam menjalankan tugas dari presiden sangat bermanfaat dan membantu kehidupan masyarakat. Sedangkan 19,2 persen tidak merasakan manfaatnya.

Diurutan kedua, lanjut Andrian, ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 18,1 persen beda tipis dengan Airlangga. Sebanyak 20,6 persen responden menyatakan kebijakan dan sepak terjang Ganjar Pranowo bermanfaat dan berguna disaat pandemi. sementara 79,1 persen menyatakan tidak bermanfaat dan tidak dirasakan. Hal ini dikarenakan kebijakan Ganjar Pranowo dan sepak terjangnya tidak bersifat nasional hanya untuk Jawa Tengah saja.

Selanjutnya di urutan ketiga, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menempati urutan ketiga tingkat elektabilitasnya dengan 12,10 persen.

Ada hal yang menarik bagi Gatot Nurmantyo di pikiran Generasi Z dan Y yang menghasilkan tingkat elektabilitas sebesar 6,4 persen yang saat ini dia dikenal sebagai tokoh KAMI artinya Generasi Z dan Y sangat memperhatikan ketokohan Gatot Nurmantyo sebagai tokoh yang saat ini bersebrangan dengan pemerintah.

Berbeda dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang memposisikan dirinya juga sebagai oposisi hanya memiliki tingkat elektabilitas 0,80 persen, sementara Puan Maharani menjadi tokoh wanita yang terkuat yang memiliki tingkat elektabilitas 5,7 persen dibandingkan dengan Tri Rismaharini yang hanya 3,3 persen dan Sri Mulyani 3,1 persen walau kebijakan dan sepak terjang Tri Rismaharini dan Sri Mulyani sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Tingginya elektabilitas Puan Maharani memiliki korelasi terhadap kinerja Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI yang mulai rajin turun ke bawah, serta pendapat Generasi Z & Y yang sebanyak 51,6 persen menyatakan kebijakan dan kerja dari Puan Maharani memberikan manfaat dan membantu masyarakat di saat pandemi covid 19, dimana peran Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dalam mendukung program program pemerintah untuk membantu masyarakat di saat pandemic,” ujarnya.

Sementara tingkat keterpilihan Moeldoko sebagai Bakal Capres 2024-2029 yang mewakili tokoh TNI hanya 4,3 persen.

Kemudian Anies Baswedan yang merupakan Kepala Daerah yang juga masuk bursa capres 2024 -2029 hanya dipilih sebanyak 3,1 persen oleh Generasi Z dan Y hal ini akibat kebijakan Anies Baswedan tidak banyak bermanfaat bagi masyarakat dan cenderung justru banyak menghamburkan dana APBD untuk kegiatan yang mahal dan tidak bermanfaat saat Covid-19 misalnya penyelenggaraan Formula E .

Sedangkan, Sandiaga Uno yang merupakan mantan cawapres hanya memiliki tingkat keterpilihan sebesar 2,2 persen.

“Dan Ridwan Kamil mememiliki tingkat keterpilihan 2,1 persen sedangkan Muhaimin Iskandar 1,1 persen. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir mendapat 0,9 persen,” katanya.

Namun demikian, muncul beberapa parpol yang naik elektabilitasnya. Partai Golkar menjadi nomor urutan kedua tertinggi setelah PDIP.

Kenaikan elektabilitas Partai Golkar menunjukkan bahwa Partai Golkar masih menjadi partai yang diharapkan kaum milenial dan rakyat.

Hal ini membuktikan figur Airlangga sebagai kandidat capres juga mempengaruhi kenaikan elektabilitas Partai Golkar.

PDI Perjuangan 11,60%
Golkar 11,30%
Gerindra 10,20%
PKB 4,40%
Demokrat 4,20%
PKS 3,10%
NASDEM 2,60%
PAN 2,10%
PPP 2,10%
HANURA 1,50%
PBB 1,50%
PERINDO 1,40%
PSI 0,60%
PRIMA 0,80%
Garuda 1,10%
PKPI 0,80%
Partai Umat 0,30%
Tidak memilih 40,40%

Dalam Penelitian untuk mengukur Preferensi Pilihan Suara Masyarakat terhadap parpol yang ditanyakan kepada seluruh responden dengan cara, surveyor menyebutkan nama nama Parpol peserta pemilu 2019 dan Partai Partai politik baru yang bermunculan, dengan pertanyaan Jika pemilu 2024 digelar hari ini Partai politik yang akan di pilih , maka data hasil penelitian menunjukan hasil Suara Masyarakat sebagai berikut
-PDIP ( 14,6%)
-GOLKAR (14,4%)
-GERINDRA(13,9%)
-DEMOKRAT (6,7%)
-NASDEM (6,6%)
-PKB ( 6,1%)
-PKS(5,6%)
-PAN (3,7%)
-PPP (2,9%)
-Perindo (2,3%)
-PSI (1.6%)
-Partai PRIMA (1,6%)
-Hanura (1,3%)
-P.Garuda (1,3%)
-PKPI(1,1%)
-P.Berkarya (0,9%)
-P.Gelora ( 0,9%)
-Ummat (0, 6%)
-Tidak Memilih (14,8%)

Menanggapi hasil survei itu, Pakar Komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengatakan, munculnya Airlangga sebagai capres 2024 yang diinginkan kaum milenial bisa sangat diterima akal sehat.

Emrus menilai Airlangga salah satu Menteri yang sukses dalam menjalani program Presiden Jokowi-Maruf Amien dalam penanganan Covid-19 di bidang ekonomi .

Selain itu, kata dia, sebagai Menteri Koordinator Perekonomian (Menko) Airlangga terus bekerja keras dalam mengatasi perekonomian ditengah pandemi ini.

“Sukses sebagai menko selama menangani perekonomian ditengah Covid-19, tercatat pada kuartal II 2021, ekonomi RI tembus 7,07 persen. Ini juga bukti bahwa kinerja yang sangat baik yang dilakukan Airlangga sebagai Menko,” tambahnya.

Diketahui, setelah dua tahun pengaruh pandemi Covid 19 yang berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat, ekonomi masyarakat terutama kaum muda.

Menurut Emrus, Airlangga mampu menjaga pemenuhan kebutuhan masyarakat. Di tengah kegelisahan dunia saat ini akibat dampak pandemi Covid-19. *fer

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *